Sabtu, 21 September 2024

Pembelajaran IPS Sabtu Siang

 

Karya: Gutamining Saida

Hari Sabtu, malam minggu, suasana di kelas terasa berbeda. Jam ke-5 - 6 merupakan waktu yang paling rawan untuk menjaga konsentrasi siswa. Saya mengajar di kelas 8B mata pelajaran IPS. Siswa tidak banyak yang suka IPS. Sebuah mata pelajaran yang materinya luas banget.  Apalagi dengan hari yang semakin siang dan pikiran mereka yang sudah melayang ke rencana malam mingguan. Namun, saya sudah punya trik khusus untuk menghadapi ini. Saya menyiapkan sebuah ice breaking yang saya yakin akan membangkitkan semangat mereka dengan tema tentang cinta.

Ice breaking dalam pembelajaran adalah serangkaian aktivitas atau permainan ringan yang bertujuan untuk menciptakan suasana belajar yang lebih santai dan menarik. Kegiatan ice breaking ini bertujuan untuk:  Pertama, menghilangkan kekakuan dan kejenuhan. Kedua, menciptakan interaksi yang positif. Ketiga, mempersiapkan siswa agar lebih siap menerima materi pelajaran. Keempat, membantu siswa untuk lebih fokus saat belajar Kelima, meningkatkan hasil belajar siswa. 

Saya memulai dengan mengajak mereka menirukan gerakan tangan bentuk-bentuk yang mewakili cinta. "Ayo kita buat cinta kecil, cinta sedang, cinta besar, dan akhirnya cinta semuanya," saya berkata sambil tersenyum.


Gambar "Cinta Kecil"


Gambar "Cinta Sedang"


Gambar " Cinta Besar"

Awalnya, ada yang tersipu malu, ada yang tertawa kecil, tapi lambat laun semua siswa mulai terbawa suasana. Mereka menitukan Gerakan saya dengan penuh antusiasme, memperlihatkan hasilnya sambil tersenyum ceria dan tertawa lepas. Kelas yang tadinya sunyi berubah menjadi penuh keceriaan.

Setelah mereka menikmati momen ice breaking ini, saya bisa merasakan perubahan energi dalam kelas. Wajah-wajah lesu mulai berganti dengan senyuman segar, dan mereka terlihat lebih siap untuk melanjutkan pelajaran IPS. Fokus mereka pun meningkat, dan materi yang saya sampaikan bisa mereka cerna dengan cepat.

Saya sangat senang melihat perubahan ini. Rasanya bahagia bisa mengubah suasana kelas yang awalnya terasa berat menjadi lebih ringan dan menyenangkan. Siswa-siswa yang tadinya tampak jenuh, kini bisa mengikuti pelajaran IPS dengan baik. Mereka bahkan memahami materi lebih cepat dari yang saya perkirakan. Ice breaking sederhana tentang cinta ternyata mampu membuka jalan bagi pemahaman mereka. Siang itu, saya keluar kelas dengan hati gembira, karena berhasil menghadirkan suasana belajar yang positif dan penuh tawa. Semoga dapat menginspirasi. Selamat mencoba.


2 komentar: