Sabtu, 19 Agustus 2023

CARA MENGIRIM TULISAN KE MAJALAH SUARA GURU

 





RESUME KE                         : 24

TEMA                                    : MENGIRIM TULISAN KE MAJALAH SUARA GURU

MODERATOR                     : YANDRI NOVITA SARI, S.Pd

NARASUMBER                  : CATUR NURROHMAN OKTAVIAN, M.Pd

Sabtu malam Minggu tanggal 19 Agustus 2023 kali ini, saya harus tetap semangat belajar bersama KBMN. Jadwal malam ini saya ketahui sekitar menjelang maghrib. Antara suka dan terpaksa. Suka dapat nambah ilmu. Terpaksa karena mau rebahan dan slonjoran tidak bisa seenaknya. Harus dengan ikut mendengarkan dan setelah itu harus membuat resume. Saya teringat chat dari bu Ewi sore itu untuk tetap semangat terutama angkatan 29 untuk menyelesaikan resume sampai final.

Yang biasanya malam minggu aku gunakan untuk istirat leyeh-leyeh dengan slonjoran (bahasa Jawa) namun kali ini harus ikut zoom bersama narasumber bapak Catur Nurrohman Oktavian, M. Pd. Yang ditemani oleh moderator cantik yaitu mbak Yandri Novita Sari.

Ni bapak Narasumber malam ini.


Alhamdulillah, dengan mengikuti zoommalam ini, walau saya terlambat. Saya masih memperoleh ilmu yang luar biasa dari narasumber dan peserta KBMN 29. PGRI adalah organisasi yang mewadahi seluruh guru di Indonesia.

Segala ide, pemikiran , saran bisa disuarakan melalui majalah SUARA GURU yang berada di bawah naungan bendera PGRI.

Suara guru sudah berusia 74 tahun. Terbit dua bulan sekali. Apabila ingin kirim naskah di majalah Suara guru bisa dikirim ke email : majalah.suaraguru@gmail.com Dan apabila ingin berlangganan bisa menghubungi marketing ibu Widya di 087882289299. Harga 150.000 belum termasuk ongkir untuk satu tahun.

TRIK DAN TIPS MENGIRIM NASKAH DI MAJALAH SUARA GURU adalah:

1.       Menarik (berani beda dengan naskah orang lain)

2.       Judul estetik, menarik, singkat, padat dan jelas

3.       Memberi inspirasi yang berbeda

4.       Enak dibaca

5.       Kalimat tidak bertele-tele (sulit dicerna)

6.       Unik ( yang belum pernah dijamah penulis lain)

7.       Ada sentuhan lain

ATURAN TUISAN BISA DIPILIH MAJALAH SUARA GURU ADALAH:

1.       Tidak plagiat

2.       Enak dibaca

3.       Aktual, orisinil

4.       Tidak sara

5.       Tidak menyerang karakter seseorang

6.       Tulisan TNR, fons 12

7.       600-700 kata untuk opini

8.       Menulis praktik baik guru

9.       Harus sesuia tema

10.   Pendidikan aktual

MAJALAH SUARA GURU terdapat rubrik Opini, percik, oase, universitas, budaya, destinasi, resensi (buku, film, musik, budaya), fiksi, sosok pendidikan.

Majalah SUARA GURU menerima semua naskah yang masuk. Dan gratis tanpa biaya untuk naskah yang dimuat. Bahkan Suara guru  memberikan hadiah yang berupa kaos dan majalah yaang saat tulisan naskah dimuat.

Menurut bapak narasumber HIDUP dan MATINYA MAJALAH SUARA GURU  tergantung pada PENULIS DAN PEMBACA . Penulis dan pembaca adalah DARAH yang mengaliri kehidupan majalah itu sendiri. Maka mari kita HIDUPKAN majalah ini.

Sebelum ditutup pertemuan ini moderator membacakan pantun
Dan tak lupa Ibu Ewi mengabadikan pertemuan malam ini dengan foto bersama. Wah seru bisa melihat wajah teman-teman KBMN di layar yang sebelumnya sudah bisa bertemu langsung di Jogja beberapa bulan lalu.

Semoga bermanfaat.

3 komentar: