Sabtu, 19 Agustus 2023

MENULIS BIOGRAFI

 





PERTEMUAN                      : 23 (DUA PULUH TIGA)

GELOMBANG                    : 29

NARASUMBER                  : LELY SURYANI, S.Pd. SD

 MODERATOR                     : GINA DWI SEPTIYANI, S.Pd,. M.Pd

Alhamdulillah malam ini, tanggal 18 Agustus 2023 pertemuan ke 23. Narasumber malam ini Ibu Lely Suryani, S. Pd,.SD. Beliau lulusan gelombang 23 KBMN. Sekaligus lulusan guru penggerak angkatan 5. Beliau juga sebagai editor Melintas.id.

Profil beliau bisa dilihat di : medsos

https://lelysuryanikreatifinspirastif.blogspot.com

https://www.instagram.com/lely.suryanii/

https://www.kompasiana.com/lelysuryaniofficial8799/dasboard/setting                

Materi malam ini ada dua: 1. Menulis biografi dengan efektif mudah dan cepat.

Pengertian Biografi menurut KBBI daring adalah tulisan tentang seseorang yang ditulis oleh orang lain. Menurut W.J.S Poerwodarminta Biografi dalam kamus umum adalah riwayat hidup.

Mengapa biografi harus ditulis oleh orang lain? Karena jika riwayat hidup seseorang ditulis oleh dirinya sendiri, itu yang dinamakan dengan autobiografi. Jadi, jelas kan? Biografi adalah riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain. Sedangkan autobiografi adalah riwayat hidup seseorang yang ditulis sendiri oleh orang yangbersangkutan. Penulisnya jelas mengalami perjalanan hidup yang memiliki prestasi yang lebih dari orang kebanyakan.

MANFAAT MENULIS BIOGRAFI adalah:

1.      Sebagai inspirasi

Berkaitan dengan tokoh yang ditulis, setelah diketahui dari awal hingga pencapaiannya. Semua itu butuh perjuangan. Memerlukan kerja keras dan pengorbanan.

2.       Sebagai Motivasi

Dengan menulis biografi seorang tokoh bisa untuk memotivasi diri, agar lebih kuat lagi berusaha agar bisa sukses.

MENULIS BIOGRAFI SECARA EFEKTIF adalah:

1.   Hal pertama yang harus kita lakukan adalah memilihtokoh yang akanditulis riwayat hidupnya.

2. Harus minta ijin kepada tokoh yang dimaksud dan/atau kepada keluarga dekatnya. Hal ini penting dilakukan agar memudahkan penulisan, juga menjunjung tinggi nilai etika.

 

3. Mencari dan mengumpulkan sumber. Haal ini mencari dan mengumpulkan sumber data tentang tokoh yang akan ditulisnya. Sumber data harus benar-benar valid dan mengetahui perjalanan hidup sang tokoh secara lengkap dan pasti.

4.       Segera menyusun tulisan

Setelah data terkumpul lengkap, segera susun tulisan berurutan sesuai waktu. Misalnya dimulai dari kecil kemudian masa sekolah hingga keberhasilannya.

5.       Komunikasi intensif

Agar hasil tulisan sesuia harapan dan kesepakatan maka lakukanlah komunikasi secara terus menerus pada setiap bagian-bagiannya. Jadi setiap bagian biografi harus dipastikan mendapat persetujuan dari tokoh atau keluarga.

6.       Finishing

Pada kegiatan finishing , jika sebuah biografi secara keseluruhan sudah selesai dan di acc oleh tokohnya, maka selanjutnya adalah pembenahan dan melakukan pemeriksaan kembali keseluruhan buku dari awal hingga akhir.

7.       Cetak dalam bentuk buku atau ebook

Karena buku biografi bertujuan untuk memberikan motivasi dan inspirasi serta menyebarkan kebaikan tokoh maka perlu adanya publikasi. Publikasi bisa berbentuk buku yang dicetak atau mengikuti perkembangan teknologi dalam bentuk ebook.

 

SESI TANYA JAWAB

Ini Jawaban dari Narasumber:

1.    Pada penulisan biografi ada salah satu cirinya yaitu:

Dari segi isi tulisan, karena kisah nyata perjalanan seseorang, maka tulisan dimulai dari perjalanan semasa kecil, masa dewasa, kisah asmara dan pencapaian atau keberhasilan yang bisa memotivasi dan menginspirasi orang lain/ pembaca.

2. Maka jika yang ditulis tentang temannya  tidak dimulai dari masa kecil.. ini termasuk juga biografi  riwayat singkat

3.    Biografi adalah riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain..

Bionarasi adalah sebuah kata yang dibentuk dari gabungan dua kata: Biodata dan Narasi. Dalam KBBI, biodata berarti riwayat hidup singkat, sedangkan narasi berarti kisah atau cerita. Artinya, bionarasi adalah sebuah biodata atau riwayat hidup seseorang yang kemudian dijadikan sebuah tulisan dalam bentuk narasi.

4.   Apapun yang namanya kegiatan pasti ada kendalanya walau presentasinya kecil

Kemudian hal yang dianggap kendala kita urai selanjutnya cari dan tetapkan solusi yang tepat. Dan segera jalankan solusi tersebut.

5.    Bagus atau tidaknya biografi tergantung pembaca yang merasakan.

Jika banyak pembaca yang termotivasi  terinspirasi dan membawa perubahan pada dirinya, serta ada keinginan untuk maju seperti dalam biografi yang telah dibacanya itu adalah suatu keberhasilan

Semoga resume ini bermanfaat, dapat dibaca ulang. Salam literasi. Terima kasih narasumber beserta tim solit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar