RESUME : 22
ANGKATAN : 29
NARASUMBER : Dr. Mudafiatun Isriyah, M.Pd.
MODERATOR : Sigid Purwo Nugroho
Bapak
Sigid Purwo Nugroho malam ini kembali bertugas menjadi moderator di KBMN PGRI
Gelombang 29 pertemuan ke-22. Malam ini bapak Sigid mendampingi seseorang yang
sangat luar biasa. Kiprahnya sebagai pegiat literasi sudah tidak diragukan
lagi. Baliau adalah Dr. Mudafiatun Isriyah, M.Pd.
Info lengkap tentang narasumber bisa dilihat alamat di
bawah ini:
Surel : ieiezcla@gmail.com/ ieiezcla@mail.unipar.co.id
WA:
082226529305
FB:
Mudafiatun Isriyah
IG:
ieiez
Linkdn:
Mudafiatun Isriyah
Youtube:
ieiez isriyah
https://www.kompasiana.com/mudaisriyah/dashboard/write
https://draft.blogger.com/blog/posts/7209321245682307041?pli=1
Di
bawah ini beberapa karya Dr. Mudafiatun Isriyah, M.Pd.
1.
Peran
Guru dan Orang Tua Sebagai Pusat Sumber Belajar, ISBN: 978-602-60894-1-0
2.
Antologi
Social Presence: Kunci Sukses Distance Learning, ISBN: 978-623-7917-57-1
3.
Trik
Menulis di Kala Sibuk, ISBN: 978-623-6510-01-8
4.
Implementasi
Social Presence dalam Bimbingan Online. Dalam Perspektif Komunikasi Personal,
Interpersonal, dan Impersonal, ISBN: 978-623-01-0786-3
5.
Model
Bimbingan Online untuk Meningkatkan Social Presence Mahasiswa Pendidikan Jarak
Jauh
6.
Panduan
Bimbingan Peningkatan Sosial Presence bagi Mahasiswa PJJ
7.
Self
Healing dalam Seni Melukis
8.
Literasiku
Dalam BK: ISBN: 978-623-378-526-6
9.
Konsep
dan Implementasi Teknik Konseling dalam Layanan BK: ISBN: 978-623-378-579-2
10. Book Chapter: INDIGENOUS PSYCHOLOGY PRACTICES IN KHR.
BOARDING EDUCATION AS'AD SYAMSUL ARIFIN
PONDOK SALAFIAH SYAFI'IYAH SUKOREJO SITUBONDO ISLAMIC BOARDING SCHOOL
(ItechOpen, Croasia)
11. Big Data Education (Proses)
12. Modul BK AntiKS Squad untuk Menegaskan Sikap Anti Kekerasan Seksual dan keseteraan
gender pada Siswa SMP (Proses)
13. Revolusi Pendidikan Tinggi: Inovasi untuk Masa Depan
di Era Pasca-COVID-19
Masya
Allah luar biasa, di usia yang masih muda kesuksesan banyak yang diraih.
Sebuah kalimat
motivator dari moderator malam ini:
“SAATNYA
KITA BERGERAK, MELANGKAH LEBIH BERANI UNTUK MEMBUAT BUKU AJAR UNTUK ANAK DIDIK
YANG KITA SAYANGI.”
Narasumber
berbagi pengalaman bagaimana merancang buku ajar yg menjadi tugas dan
tanggungjawab seorang guru.
Buku
ajar adalah capaian pembelajaran dr seorang guru.....maka buku ajar mjd
prestasi tersendiri
LANGKAH-LANGKAH
PEMBUATAN BUKU AJAR
1.
TENTUKAN TUJUAN DAN SASARAN:
Pahami
tujuan dan sasaran dari buku ajar yang ingin di buat. Apakah buku ini akan
digunakan untuk mengajar mata pelajaran tertentu, mengajarkan keterampilan
khusus, atau mendukung metode pembelajaran tertentu?
2.
RISET DAN KONTEN:
Kumpulkan
materi pelajaran yang akan dimasukkan ke dalam buku ajar. Ini dapat berupa
teks, ilustrasi, grafik, contoh, latihan, dan lain sebagainya. Pastikan konten
yang disertakan akurat, relevan, dan sesuai dengan kurikulum atau standar yang
berlaku.
3.
STRUKTUR DAN PENYUSUNAN:
Rencanakan
struktur buku ajar. Bagi konten menjadi bab atau bagian yang terorganisir
dengan baik. Pertimbangkan konsep yang disajikan. Menurut Prof Eko tulisan
mengandung prose 5W 1 H
4.
DESAIN DAN TATA LETAK:
Pertimbangkan
desain visual buku ajar. Biasanya ini diserahkan pd penerbit ya
5.
GAYA PENULISAN:
Pilih
gaya penulisan yang sesuai dengan target audiens. Gunakan bahasa yang jelas,
lugas, dan mudah dipahami. Hindari penggunaan istilah yang terlalu teknis jika
buku ajar ditujukan untuk guru dan siswa
dari berbagai latar belakang.
6.
MULAI MENULIS:
Dengan
melibatkan guru yang lain, bisa diskusi, studi kasus, atau latihan praktis untuk
mengaplikasikan konsep yang diajarkan.
7.
REVIEW DAN UJI COBA:
Sebelum
menerbitkan buku, mintalah umpan balik dari rekan guru atau ahli pendidikan.
Uji coba buku di kelas atau dalam kelompok fokus untuk mengidentifikasi potensi
perbaikan.
8.
LEGALITAS:
Uji
Plagiasi, memiliki izin atau lisensi yang diperlukan untuk menggunakan materi
sendiri. Ini termasuk gambar, ilustrasi, kutipan, dan lain-lain.
9.
PENERBITAN:
Pilih
opsi penerbitan ingin menerbitkan buku
dalam bentuk cetak atau digital. di sini sdh ada beberapa penerbit spt OASE
10.
MEDIA PENDUKUNG (OPSIONAL):
Buku
ajar modern juga dapat didukung oleh media online, seperti situs web pendukung,
video pembelajaran, atau platform pembelajaran digital. Ini dapat meningkatkan
daya tarik dan keterlibatan pengguna.
SESI
TANYA JAWAB:
PERTANYAAN
Ibu
Sutianah (Bandung)
Modul
ajar PAUD? Yang terlintas dalam pikiran saya adalah LK 'Lembar Kerja' atau
bagaimana sebaiknya?: kalau buku PAUD hindari LK lembar Kerja yg sdh di desain
guru! hindari, krn PAUD hrs belajar bereksplor, jgn di beri template, ttp
berikan kertas kosong untuk memunculkan imajinasi, perbanyak praktek langsung
dengan alam atau langsung benda, bukan dihadapkan dg LK. JIKA membuat buku buat
PAUD, buatlah buku story reading ssi dg aturan yg berlaku, bukan bukan KOMIK,
ttp buku yg ssi dg tahap perkembangannya.
Modul
ajar untuk paud tdk ada, tetapi buku untuk menstimulai pra baca agar anak
memahami bahasa reseptif dan
menstimuliasi anak untuk mengungkapkan bahasa (ekspresif) bagi anak PAUD adalah
denga buku cerita bergambar, anak di ceritakan bu guru dan anak melihat gambar
atau simbol gambar.
Apa
keuntungan buku ajar bagi guru/dosen?
Keuntungan
buku ajar bagi Guru/dosen adalah:
֍
Promosi & Kenaikan Pangkat
֍
Mendapatkan insentif
֍
Finansial-Royalti
֍
Eksistensi diri
֍
Media Ekspresi
֍
Branding Personal dan Institusi
֍
Penguatan Keilmuan; dll. Eksistensi diri
֍
Media Ekspresi
Buku
ajar penting bagi guru? karena Buku Ajar merupakan buku ilmiah berupa uraian
materi pembelajaran yang disusun secara logis dan sistematis dengan bahasa yang
lugas, digunakan dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran (Pannen & Purwanto,
2001)
Pertanyaan dari
Rosjida
1. Modul ajar
untuk anak mulai belajar membaca dan berhitung sebaiknya saat anak pas kls 1
SD?
2. Bgmn susunan
modul ajar yang baik dan tepat untuk homeschooling. Makasih
Buku
ajar untuk anak mulai belajar membaca dan berhitung sebaiknya sejak usia 0
tahun hehehe.....sejatinya anak usia PAUD (0-6) tahun, jd sdh seharusnya
diberikan buku bacaan, namun sesuai dg usia tahp perkembangannya
Susunan
modul ajar yang baik dan tepat untuk homeschooling sejatinya sama dg proses
penulisan buku modul lainnya, hanya disesuaikan dg tujuan dan kurikulum sendiri
Pertanyaan
Indah Martini, Bandar Lampung
Syarat
untuk membuat buku ajar minimal berapa sumber yang kita pakai? sebenarnya tidak
ada batasan brp pendukung referensii yg dirujuk, namun sebagai patokan ilmiah
krn buku ajar adalah buku ilmiah, sebagai patokan minimal setiap bab nya ada 10
referensi jd dalam 1 buku jika ada 6 BAB bisa jd 60 kalo di kalikan, namun tdk
demikian, buku yg di pakai bacaan di BAB 1 bisa juga di gunakan di BAB2
lainnya,
Susunan
modul ajar untuk homeschooling:
Pengantar dan Tujuan, 2. Materi
Pembelajaran, 3. Aktivitas dan Latihan, 4. Pembahasan dan Penjelasan Tambahan,
5. Evaluasi, 6. Rangkuman dan Refleksi, 7. Sumber Belajar Tambahan, 8. Proyek
atau Karya Akhir, 9. Catatan atau Jurnal. 10. Kegiatan Interaktif, 11.
Konsultasi dan Dukungan, 12. Peta Proses Belajar, 13. Kesimpulan:
Akhiri modul ajar dengan pesan
ringkas yang menginspirasi dan mendorong siswa untuk terus belajar.
JENIS BUKU AJAR:
BUKU AJAR: Buku
pegangan untuk suatu matakuliah yang ditulis dan disusun oleh pakar bidang
terkait dan memenuhi kaidah pembelajaran (sesuai Rencana Pembelajaran) serta
diterbitkan secara resmi dan disebarluaskan
BUKU MODUL: Buku
dalam bentuk modul-modul terpisah sesuai dengan pokok bahasan, disusun
berdasarkan rancangan pembelajaran, dan disebarluaskan kepada mahasiswa untuk
digunakan dalam kegiatan pembelajaran
DIKTAT: Buku untuk
suatu matakuliah yang ditulis dan disusun oleh pengajar matakuliah tersebut,
mengikuti kaidah tulisan ilmiah dan disebarluaskan kepada peserta kuliah.
PETUNJUK PRAKTIKUM:
Buku pedoman pelaksanaan praktikum yang berisi tata cara, persiapan,
pelaksanaan, analisis data pelaporan, ditulis oleh dosen atau tim dosen yang
menangani kegiatan praktikum dan ditulis dengan kaidah-kaidah tulisan ilmiah.
NASKAH TUTORIAL:
Bahan rujukan untuk kegiatan tutorial suatu mata kuliah yang disusun/ditulis
oleh pengajar mata kuliah atau tim pelaksana tutorial dan ditulis dengan kaidah
tulisan ilmiah
BUKU HASIL
PENELITIAN/PEMIKIRAN:
BUKU REFERENSI:
Hasil penelitian atau hasil pemikiran yang dipublikasikan dalam bentuk buku
yang substansi, pembahasannya pada satu bidang ilmu, ditulis mengikuti kaidah
ilmiah dan disebarluaskan secara resmi
MONOGRAF: Hasil
penelitian atau hasil pemikiran yang dipublikasikan dalam bentuk buku yang
membahas hanya pada satu hal saja dalam suatu bidang ilmu
BUKU AJAR VS BUKU TEKS
Buku Ajar pada
umumnya:
1. Ditulis dan
dirancang untuk digunakan siswa/mhs.
2. Menjelaskan
tujuan pembelajaran.
3. Disusun
berdasarkan pola belajar yang fleksibel.
4. Strukturnya
berdasarkan kompetensi yang akan dicapai.
Buku Teks pada
umumnya:
1. Ditulis terutama
untuk digunakan dosen atau pembaca umum, dipasarkan secara luas.
2. Tidak selalu
menjelaskan tujuan pembelajaran.
3. Disusun secara
linier.
4. Strukturnya
berdasarkan logika bidang ilmu (content).
Buku Ajar pada
umumnya:
1. Ada pemberian
kesempatan latihan bagi mahasiswa.
2. Selalu
memberikan rangkuman.
3. Kepadatan
berdasarkan kebutuhan mahasiswa
4. Dikemas untuk
digunakan dalam pembelajaran.
Buku Teks pada
umumnya:
1. Belum tentu
memberikan latihan bagi mahasiswa.
2. Belum tentu ada
rangkuman.
3. Materi buku teks
sangat
4. Dikemas untuk
dijual secara umum.
PRINSIP-PRINSIP
PEMILIHAN MATERI BUKU AJAR
PRINSIP RELEVANSI:
Materi pembelajaran hendaknya ada hubungannya dan memberikan kontribusi bagi
upaya pencapaian capaian pembelajaran mata kuliah dan kemampuan akhir.
Misalnya, jika kemampuan yang diharapkan dikuasai mahasiswa berupa menghafal
fakta, maka materi pembelajaran yang diajarkan harus berupa fakta
PRINSIP
KONSISTENSI/KEAJEGAN: Materi pembelajaran harus konsisten dengan kemampuan
akhir yang ingin dicapai, baik dari segi jumlah materi maupun dari
taksonominya. Jika kemampuan akhir yang harus dikuasai mahasiswa empat macam,
maka materi buku ajar yang harus dikembangkan juga harus meliputi empat macam
PRINSIP KECUKUPAN:
Materi yang diajarkan hendaknya cukup memadai dalam membantu mahasiswa
menguasai kemampuan akhir yang diharapkan. Materi tidak boleh terlalu sedikit
dan tidak boleh terlalu banyak. Jika terlalu sedikit akan kurang membantu
mencapai capaian pembelajaran mata kuliah dan kemampuan akhir. Sebaliknya, jika
terlalu banyak akan membuang-buang waktu dan tenaga yang tidak perlu untuk
mempelajarinya
SISTEMATIKA BUKU
AJAR
BAB 1 Pendahuluan
Penyajian
Penutup
Daftar Pustaka
Senarai (glossary)
Alhamdulillah waktu
sudah mendekati 21.00 WIB, sang moderator memberikan kesempatan kepada
narasumber untuk memberi closing statement.
A Wan Bong:
Ketika para amatir
dan penulis pemula menunggu mood untuk bisa menulis, para penulis profesional
tetap menulis dalam kondisi apa pun suasana hati mereka. Mood atau tidak,
profesional akan tetap menulis. Seorang penulis tidak mengandalkan apa yang ada
di sekitarnya. Mereka senantiasa menulis, bahkan di saat krisis pun terjadi.
Maka dari itu, menulis adalah cara terbaik untuk mengungkapkan setiap
perasaannya terjadi.
MIKE MURDOCK:
Kamu tidak akan
pernah bisa mengubah hidupmu sampai berhasil mengubah sesuatu yang kamu lakukan
setiap hari. Jangan menganggap remeh pada sesuatu yang dianggap kecil, karena
suatu saat nanti akan berubah jadi nilai yang besar. Sama seperti yang kamu
lakukan hari ini. Menulis pelan-pelan hingga terus belajar dan melakukannya
setiap hari, sampai tak sadar dapat mengubah hidupmu menjadi lebih baik
ROGER VON OECH:
Kebanyakan orang
menganggap bahwa kesuksesan dan kegagalan sebagai dua hal yang berlawanan,
tetapi tidakkah mereka tahu bahwa keduanya adalah produk dari sebuah proses
yang sama. Semua keinginan butuh proses untuk mencapainya. Di dalam proses tersebut
pun kamu pasti akan menemukan kegagalan dan keberhasilan. Kalau gagal, artinya
kamu sedang berproses agar lebih banyak belajar lagi. Sedangkan kesuksesan pun
sama merupakan proses kamu untuk bisa belajar cara mempertahankannya
ANONIM
Perjalanan ribuan
kilometer selalu dimulai dari satu langkah kecil.
Terimakasih ilmunya semoga
tambah berkah. Trimakasih buat Om Jay dan beserta tim solit. Semoga kesuksesan
menyertai semua keluarga besar KBMN. Aamiin.
Keren .
BalasHapusjosss
BalasHapusMantap
BalasHapusWah kerenn...
BalasHapus