Sabtu, 29 Juli 2023

LANGKAH MENULIS BUKU SECARA SISTEMATIS

 

Resume           : 15 (lima belas)

Tema               : LANGKAH MENULIS BUKU SECARA SISTEMATIS

Narasumber     : Julius Roma Palandean, S. Pd

Hari/Tanggal   : Jum’at , 28 Juli 2023

Moderator       : Purbanisita Kusumaning Setyo, S. Pd

 

Alhamdulillah tibalah pada pertemuan ke lima belas. Kegiatan sudah berlangsung separuh perjalanan. Semoga saya dapat menyelesaikan sampai akhir kegiatan. Malam ini bersama narasumber dari Sulawesi Selatan. Beliau mempunyai banyak prestasi. Dan alumni gelombang 9 tahun 2020 yang lalu.

Narasumber yakin dan percaya bahwa teman-teman semua telah memiliki naskah tulisan calon buku. Naskah-naskah tersebut berupa materi-materi selama mengikuti kegiatan ini atau naskah buku berupa cerpen, puisi, biografi, non fiksi, dll yang teman-teman rencanakan sebagai buku solo/karya tunggal.

Nah, oleh karena naskah telah siap, tentunya naskah tersebut telah sering dibaca ulang untuk menentukan urutan bab, sub bab, judul, dll. Namun, tidak menutup kemungkinan, teman-teman menghadapi tantangan berupa sistematika tulisannya.

Naskah buku yang tertata/tersusun dengan baik memudahkan penulis untuk menambahkan, mengurangi, dan merombak naskah jika dianggap tidak sesuai dengan tema yang diangkat.

Terdapat sejumlah aplikasi/software yang bisa digunakan untuk membuat naskah buku tersusun secara sistematis. Diantaranya menggunakan Mandeley dan Zotero.

Akan tetapi, pada kegiatan malam ini, beliau bagikan video sederhana cara menyusun naskah buku secara sistematis.

Beliau menggunakan fitur-fitur Ms Word untuk menyusun naskah buku yang sistematis dan rapi. Teman-teman bisa langsung mempraktekkannya. Tanpa jaringan internet/offline.

Cara membuat daftar Isi,Kutipan, indeks dan Daftar Pustaka Otomatis https://youtu.be/eePQwyHAcjw.

Cara membuat indexs pada tulisan berbentuk buku https://youtu.be/jXPr59aWJSc atau https://youtu.be/mS8bfNZT-rA

Menurut beliau bahwa teman-teman telah memiliki cara tersendiri dalam menyusun naskah buku secara sistematis. Namun, tak ada salahnya mencoba membuat simulasi dan percobaan menggunakan fasilitas yang telah tersedia di PC/laptop/notebook teman-teman.

Seringlah menengok naskah teman-teman, baca dan lakukan perubahan pada naskah jika dibutuhkan.

Naskah buku  yang tersusun dengan baik tentunya memudahkan pula tim editor di percetakan untuk menerbitkan naskah buku teman-teman, walaupun sudah ada tim editor, ada baiknya teman-teman belajar pula menjadi editor naskah sendiri. Banyak hal yang bisa dipelajari.

Dari semua buku solo yang telah saya terbitkan, semuanya saya susun dan lakukan pengeditan menggunakan tata cara pada video yang telah saya bagikan.

Rasa percaya diri terhadap naskah juga akan lahir seiring dari seringnya teman-teman membaca naskah bukunya ketika melakukan penyusunan secara sistematis.

Sesi tanya jawab malam ini tetap ada namun akan dijawab melalui email dikarenakan narasumber kurang enak badan. Alhamdulillah materi malam ini luar biasa dan menginspirasi peserta. Semoga bermanfaat bagi pembaca

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar