Jumat, 23 Juni 2023

TRIK MEMBUAT RESUME YANG BAIK DAN BENAR

 


Resume Ke                         : 3 (satu)

Gelombang                        : 29

Hari / Tanggal                     : Jum’at / 23 Juni 2023

Tema                                   : Teknik Penulisan resume

Nara Sumber                      : Raliyanti , S. Sos,S. Kom, M. Pd

 

Alhamdulillah malam inii, saya belajar di Kelas Belajar Menulis Nusantara biasa disingkat (KBMN). Senang rasanya ada kesempatan berjumpa dengan penulis hebat, orang-orang TOP dengan harapan dapat mengikuti jejak beliau. Aamiin.

Malam ini kegiatan dipandu oleh moderator yang bernama Purbaniasita biasa dipanggil dengan bu Sita dimulai dengan berdoa bersama supaya diberi kemudahan dan kelancaran dan ilmu bisa bermanfaat. Aamiin

Pantun pembuka dari moderator malam ini, sangat menggelitik. Bagaimana tidak? Yuk disimak

Pagi hari makan kelapa

Rasanya enak bikin ketawa

Kita di sini telah berjumpa

Untuk acara yang istimewa

Malam ini materinya yaitu bagaimana cara menulis resume yang baik? Disampaikan oleh Ibu Raliyanti seorang guru informatika dari Jakarta dengan  gelar yang sangat panjang tentunya memiliki riwayat pendidikan yang luar biasa. Segudang ilmu yang patut ditularkan kepada para peserta KBMN khususnya dan umumnya pada didang literasi.  Beliau lulusan KBMN gelombang 20. Prestasinya wao luar biasa  Beliau berperan menjadi moderator, pembuat flyer, pendesain coverbuku, layouter, kurator serta editor.

Apakah pengertian resume? Resume adalah ringkasan (rangkuman) dari sebuah karangan yang panjang. Kita pun dapat menuliskan  INTISARINYA dengan tidak menghilangkan bagian penting dari suatu tulisan.

Yang terdapat di suatu resume ini, ada beberapa format diantaranya yaitu, satu: Judul materi dan nama narasumber. Dua, ringkasan tema utama materi. Tiga, Bagian penting dari materi yang dipilih untuk disertakan dama resume.

Lalu, cara menulis resume dengan BENAR yaitu:

1.       Amati materi dari narasumber dengan baik.

2.       Modifikasi materi dari narasumber menjadi bahasa sendiri dengan kaidah penulisan yang baku.

3.       Hindari copy paste dari narasumber.

4.       Kembangkan materi dari narasumber dengan relevansi materi dari luar.

5.       Beri kesimpulan di akhir penjabaran tepatnya sebelum penutup.

6.       Membuat resume dengan gaya bahasa sendiri . Dengan demikian akan tulisan kita yang dihasilkan memiliki SENI YANG KHAS.

Menurut pengalaman alumni KBMN ibu Maesaroh cara membuat resume cepat adalah dengan memanfaatkan hp dan laptop secara bersamaan. Sesuaikan dengan fungsinya hp untuk menyimak materi dan laptop untuk membuat resume.

Teknik ini bisa dicoba bila ingin menjadi F1. Dalam menyelesaikan pengumpulan tugas ada rasa kebahagiaan dan kepuasan  sendiri selain ada hadiah tentunya. Bila ingin menjadi penulis yang luar biasa dengan cara:

1.       Menanamkan sikap percaya diri. Jangan merasa malu karena tulisan tulisan yang kita anggap jelek akan menjadi luar biasa

2.       Siap dengan segala kritikan. Walaupun kadang pujian akan membuat kita merasa tersanjung namun kita harus lebih memperbaiki tulisan kita.

3.       Membangun tulisan diberbagai blog dengan warna warni yang bagus dan kreatif.

Adapun cara membuat buku adalah:

1.       Buat TOC / Daftar isi

2.       Pilih resume yang akan dijafikan buku

3.       Copy paste dan pindahkan ke word

4.       Merapikan tulisan

5.       Kirimkan ke penerbit.

Demikian resume malam ini, terimakasih kepada narasumber dan moderator. Semoga bermanfaat.

 

2 komentar: