Rabu, 21 Juni 2023

GAIRAH HIDUPKU


Resume Ke                  : 2 (dua)

Gelombang                  : 29

Hari / Tanggal             : Rabu / 21 Juni 2023

Tema                           : Menulis Setiap Hari

Nara Sumber               : Sri Sugiarti, M. Pd ( Bu Kanjeng)

Moderator                   : Sigit PN, SH

 

KBMN (Kelas Belajar Menulis Nusantara) gelombang 29 malam ini , hari Rabu  21 Juni 2023. Kegiatan ini dimulai dengan dipandu seorang moderator yang CAKEP bernama Bapak Sigid Purwo Nugroho biasa disingkat dengan Sigit PN, SH (salah satu tim solid Om Jay).  Beliau alumni Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI Gelombang 23.

Narasumber malam ini yaitu ibu Sri Sugiarti, M. Pd dilahirkan di kota Lumpia ( Semarang ) padatanggal 8 April 1961. Beliau walau sudah tidak muda lagi  ( usia senja ) namun semangatnya mengalahlan kita yang masih muda. Malu juga rasanya, bila melihat prestasi yang sudah dicapai beserta aktivitas Beliau. Tidak diragukan lagi bila beliau sebagai penulis yang andal patut kita banggakan dan kita tiru paling tidak. Wao, sudah berhasil menelurkan 51 karya buku solo dan seratus lebih buku antologi. Buku dari penerbit mayorpun tak ketinggalan beliau miliki.

Menurut Ibu Kanjeng, pentingnya literasi bagi manusia dalam berkehidupan adalah: pertama, membantu memahami informasi yang komplek dan membedakan antara fakta dan opini. Kedua, menghindari berita penyebaran palsu atau tidak valit.

Mengapa seseorang menulis? Dengan kegiatan menulis kita dapat berhubungan dengan nilai. Begitupun kita dapat menuangkan misi, visi kita saat berada di dunia. Akan banyak yang dapat kita tinggalkan. Saat kita sudah tidak ada di dunia lewat karya kita, kita masih bisa dikenal.

Bagaimana cara kita menulis? Menulis itu melalui proses, tidak langsung bisa bagus hasilnya. Diawali dengan latihan menulis, semakin banyak latihan pasti hasilnya tidak diragukan lagi.

Langkah-langkah menjadi penulis yang baik dapat ditempuh dengan beberapa jalan diantaranya adalah sebagai berikut: Pertama, Read: Banyak membaca buku baik yang bersifat umum maupun buku khusus.  Kedua, Discuss: Ide atau gagasan sering muncul dan berseliweran di hadapan kita maka dari itu penting hadirnya mentor yang tepat. Ketiga, Look & Feel: Hail baik secara langsung yang kita lihat atau kita baca di media sosial. Keempat, Sosialize: Banyak-banyaklah menyerap mencari pengetahuan, pengalaman dan kisah orang lain.

Maka kita perlu mengetahui TRIK menjadi penulis hebat. Adapun trik menjadi penulis hebat adalah: Satu, banyak membaca. Dengan banyak membaca kita akan mengenal  memperoleh serta mekosa kata, mendapat inspirasi, mengenal gaya menulis untuk  ide-ide baru. Kedua, menulis secara teratur. Maksudnya adalah latihan menulis secara terus menerus sebab tanpa latihan menulis kita tidak akan menghasilkan tulisan dengan baik. Ketiga, Kenali pembaca tulisan anda. Penulis harus mengenal dan memahami pembaca dengan baik.Kjeempat, Edit dengan cermat, Setelah tulisan sudah jadi sebelum dipublis lakukanlah tahap editing tata bahasa, ejaan, struktur kalimat. Tulisan akanmenarik pembaca bila tidak banyak typo pada tulisan.

Adakah manfaat menulis? Tentu, banyak manfaat dari menulis yaitu: Pertama adalah ekspresi diri, Kedua adalah Ketrampilan komunikasi, Ketiga adalah menciptakan pemikiran kritis.

 



Buku di atas sebagian kecil dari karya bu Kanjeng. Semoga dengan melihatnya kita sebagai penulis pemula dapat termotivasi, terinspirasi untuk menghasilkan karya-karya yang bermanfaat bagi pembaca umumnya. Aamiin Semoga bermanfaat.

 

 


 

3 komentar: