Selasa, 20 Juni 2023

JADIKAN MENULIS SUATU KEBIASAAN


 

Resume Ke                         : 1 (satu)

Gelombang                        : 29

Hari / Tanggal                     : Senin / 19 Juni 2023

Tema                                     : Menulis Setiap Hari

Nara Sumber                     : Dr. Wijaya Kusumah, M. Pd

 

KBMN (Kelas Belajar Menulis Nusantara) gelombang 29 malam ini , hari Senin 19 Juni 2023. Kegiatan ini dimulai dengan dipandu seorang moderator yang memiliki nama Raliyati ( salah satu tim solid Om Jay).

“Semua orang akan mati kecuali karyanya, maka tulislah sesuatu yang akan membahagiakan dirimu di akherat kelak.”-Ali bin Abi Thalib.
Dengan membaca kata mutiara di atas, akan dapat memotivasi kita semua. Untuk mencapai seorang penulis.

Kita sebagai peserta KBMN akan mendapat 30 materi dengan 30 pertemuan. Pertemuan ini akan berlangsung seminggu tiga kali yaitu Senin, Rabu dan Jum’at. Materi harus diikuti dan dipelajari dengan niat dan tekat yang kuat. Harapannya semua dapat sukses dan melalui halangan yang ada.

Pemateri malam ini, adalah Dr. Wijaya Kusumah, M. Pd yang dikenal dengan Om Jay. Tema malam ini yaitu “Menulis setiap hari.” Beliau dilahirkan di Jakarta, 28 Oktober 1972 yang lalu. Segudang prestasi Beliau miliki. Sehingga bagi kami nama itu sudah tidak asing lagi.

Om Jay, dapat membuktikan dengan kegiatan menulis setiap hari di blog pribadinya. Beliau sudah mendapatkan penghasilan yang luar biasa. Dan menjadi narasumber di berbagai kegiatan literasi.

Saran dari Om Jay, apabila belum bisa mendapatkan penghasilan dari menulis peserta hendaknya dapat menikmati proses dalam menulis.

Menjadi seorang menulis dibutuhkan latihan dengan membiasakan diri dengan menulis 500 kata setiap hari.

Om Jay memberikan motivasi peserta untuk memulai menulis dengan tiga alinea yaitu dengan susunan pembuakan, isi, dan penutup. Dengan alinea ini, dapat membentuksuatu tulisan yang bermanfaat buat diri kita dan orang lain.

Om Jay rajin menulis di blog pribadi dengan alamat: “https://www.wijayalabs.blogspot.com. Dan di kompasiuana dengan alamat: “https: // www.kompasiana.com/wijayalabs.

Diakhir pelatihan, Om Jay memberikan closing statmen yaitu dengan komitmen untuk menulis setiap hari, menulis harus dipaksa dengan lawan diri dari kemalasan

Setiap orang bisa menulis asalkan rajin untuk berlatih membuat tulisan. Semoga bermanfaat.

 

 

1 komentar: