Rabu, 28 Juni 2023

BLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN



Resume Ke                        : 5 (lima)

Gelombang                        : 29

Hari / Tanggal                    : Rabu / 28 Juni 2023

Tema                                  : Blog Sebagai Media Pembelajaran

Narasumber                        : Dail Ma’ruf , M. Pd

Moderator                           : Helwiyah, S. Pd , M. Pd

 

Alhamdulillah malam inii, bertepatan malam hari raya Idul Adha suara takbir berkumandang  dari musala, masjid terdekat tidak menyurutkan semangat saya untuk ikut Kelas Belajar Menulis Nusantara biasa disingkat (KBMN).

Malam ini kegiatan dibersamai oleh moderator yang bernama Ibu Helwiyah, S. Pd, M. Pd dan narasumber Bapak Dail Ma’ruf, M. Pd. Tema yang sangat menarik untuk diikuti. Sebab dengan seiring lajunya perkembangan teknologi yang menuntut semua pihak berjalan dengan cepat bahkan berlari untuk mengejar ketertinggalan. Salah satunya dengan Blog sebagai sarana komunikasi yang digunakan sebagai media menulis. Sekaligus dapat menjadi media pembelajaran. Peserta didik tertu akan tertatik untuk bisa mengikutinya.

Bu Ewi, sapaan dari bu Helwiyah membuka kelas dengan sebuah pantun yng cantik, yaitu

BUNGA SEKUNTUM MEKAR BERSERI

DISUNTING GADIS DARI BETAWI

ASSALAMU ALAIKUM PEGIAT LITERASI

SALAM JUMPA DENGAN BU EWI

Bu Ewi salah satu alumni angkatan 20 bersama dengan Bapak Dail dan Ibu Raliyanti.

Narasumber malam ini ternyata masih muda Beliau lahir di Serang 13 Mei 1977. Beliau sudah memiliki satu buku solo dan 40 buku antologi, 10 buku yang dikuratori, 5 buku yang diedit dan nama pena penulis adalah DAMAR YASALAM. Dengan alamat email : dailmaruf@gmail.com

 Apakah pengertian blog? 




Kita bisa simak pengertian blog di atas, sudah cukup jelas.

Mari kita lanjut ke materi jenis-jenis blog. Jenis blog adalah sebagai berikut:




Apakah manfaat Blog? Blog bukan hanya media untuk menulis resume, artikel atau catatan kejadian yang kita alami. Namun ternyata blog juga bisa digunakan sebagai media belajar.





Setelah penyajian materi, malam ini dilanjut dengan sesi tanya jawab. Banyak diantara peserta yang mengajukan pertanyaan pada pak Dail. Hal ini menandakan semangat dan antusias dari peserta KBMN gelombang 29.

Materi malam ini sangat bermanfaat, beberapa bulan yang lalu sudah saya praktikkan dalam pembelajaran. Kala itu kelas IX melaksanakan ujian sedangkan kelas VII dan VIII tetap ada pembelajaran walaupun daring. Saat itulah saya mencoba untuk melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media Blog. Semua media pasti ada keuntungan dan kekurangannya. Salah satu kekurangan yang saya temukan adalah sinyal di pedesaan kurang lancar. Sebagian besar siswa menggunakan smart fren dan banyak siswa tidak bisa menjawab pertanyaan langsung di blog sebab tidak mengetahui email handphone. Keuntungan dengan menggunakan blog banyak juga yang saya rasakan.

Mari, kita sebagai pendidik semangat mengikuti perkembangan terutama teknologi dalam pembelajaran. Agar kita bangsa Indonesia tidak tertinggal dengan bangsa lain. Ayo semangat mengabdikan diri di bidang pendidikan. Semoga manfaat

3 komentar:

  1. Luar biasa umi saida mantul sehat dan sukses slalu. Resume yang mencerahkan dan enak dibaca.

    BalasHapus
  2. Apakah sudah pernah membuat blog sebagai media pembelajaran?

    BalasHapus