Jumat, 30 Juni 2023

MENGENAL SITUS PORTAL BERITA Melintas.id


Resume Ke                         : 6 (enam)

Gelombang                         : 29

Hari / Tanggal                     : Jum’at / 30 Juni 2023

Tema                                   : Teknik MenulisUntuk Situs Portal Berita Melintas.id

Nara Sumber                       : Raimundus Brian Prasetyawan  , S. Pd

Moderator                           : Arofiah Afifi, S. Pd

KBMN (Kelas Belajar Menulis Nusantara) gelombang 29 malam ini, hari Jum’at 30 Juni 2023. Kegiatan ini dengan dipandu seorang moderator yang memiliki nama Arofiah Afifi, S. Pd  Moderator semangat sekali dalam menghantarkan dan mengiringi sepenuh hati kepada peserta malam ini. Kegiatan ini akan berlangsung selama dua jam yang akan datang.

Moderator membuaka dengan sebuah kalimat yang menggambarkan adanya peranan sebuah tulisan lebih berpengaruh dan berbahaya dari pada senjata. Diantaranya adalah sebagai berikut:

“Peluru yang ditembakkan penulis adalah huruf-huruf yang membentuk kalimat yang yang akan memberikan pengaruh yangsangat signifikan. Tulisan akan mengenai sasaran yaitu pikiran , dari pikiran akan menembus hati....”

Malam ini saya dapat bertemu di dunia maya dengan pimpinan redaksi portal berita melintas.id yaitu Bapak Brian @Brian Prasetyawan bloger. Beliau masih muda namun banyak prestasi. Lahir pada 30 Juni 1992 tinggal di Bekasi sebagai guru SD di Jakarta.

Sebelum saya lanjut menulis resume, terlebih dahulu saya sampaikan ucapan SELAMAT ULANG TAHUN  buat pak Brian sebab Pak Brian hari ini tepat ulang tahunnya. Semoga panjang umur tambah sukses.

Melintas. Id adalah portal berita online. Ibaratnya koran online. Melintas (Media Literasi Nusantara Semaja. Untuk bisa menulis di Melintas.id harus mengikuti ketentuan yang berlaku . Melintas.id berdiri pada tanggal 11 Mei 2023.

Ide untuk membuat media online berasal dari pengalaman pak Ahmad Fatchudin (peserta KBMN  gel 27) memiliki 30-40 enulis dan dapat menghasilkan penghasilan tambahan bagi setiap penulis yang lumayan besar. Kemudian beberapa alumni dan anggota tim solid OmJay  diajak mendirikan media online. Dan tim redaksi melintas.id ada 7 orang yaitu:

Susunan redaksi yaitu:

  • 1.       Penasehat : Dr Wijaya Kusumah (Om Jay)
  • 2.       Pimpinan Redaksi : Raimundus Brian Prasetyawan
  • 3.       Wakil Pemimpin Redaksi : Ahmad Fatchudin
  • 4.       Editor : Dail Ma’ruf, Lely  Suryani, Widya Setiananingsih
  • 5.       Desain Grafis dan Media Sosial : Nur Dwi Yanti

Tujuan Melintas.id adalah untuk memberikan bilai tambah bagi anggota KBMN PGRI

Lalu, apa nilai tambahnya? Nilai tambahnya adalah

  • 1.     penghasilan,
  • 2.     memberi wadah pengembangan diri dalam menulis,
  • 3.     memberi pengalaman dan wawasan barutentang menulis

Harapannya Melintas.id adalah media online yang aktif dan produktif menghasilka konten-konten tulisan orisinil, bermutu dan dicari banyak orang.

Peserta KBMN PGRI adalah sebagian besar dari kalangan guru, kepsek, pengawas dan semua yang bekerja dibidang pendidikan

Melintas.id menyediakan 10 menu rubrik   

  • 1         Pendidikan (berita pendidikan umun
  • 2.       Sastra (cerpen, puisi, pentigraf)
  • 3.       Parenting
  • 4.       Sekolah (berita kegiatan/prestasi sekolah)
  • 5.       Literasi (hal-hal tentang menulis, resensi buku, kegiatan literasi di sekolah, seputar KBMN           PGRI
  • 6.       Ragam: (kuliner, traveling, kesehatan, budaya)
  • 7.       Olah raga
  • 8.       Opini
  • 9.       News
  • 10.   Religi.

Kategori penulis melintas.id adalah : Satu,   Penulis lepas : penulis yang tidak tergabung di grup WA melintas, tidak ada target jumlah tulisan, mengirim lewat email. Dua, Penulis tetap : penulis yang yakin ingin bergabung di melintas.id (siap mengikuti aturab dan sanggup memenuhi target jumlah tulisan

Ada jenis jenjang penulis tetap di melintas

a.            Calon Content Creator (CC)

Bagi yang baru bergabung, akan masuk di grup ini. Nama anda selaku penulis akan menumpang dulu dengan nama editor. Nama anda tertulis sebagai contributor.

Diberi target menulis minimal 15 tulisan dalam 1 bulan. Jika dapat memenuhi, akan naik jenjang menjadi Content Creator (CC). Jika tidak memenuhi, akan dikeluarkan dari grup. Silakan menjadi penulis lepas saja.

b.            Content creator (contributor)

Jika sudah memenuhi syarat 15 tulisan, akan masuk di grup baru yaitu Author dan CC melintas. Anda resmi menjadi CC Melintas.id. Namun nama anda selaku penulis masih menumpang dengan nama editor. Maka, agar bisa punya profil nama sendiri di melintas, harus jadi author. Syarat jadi author adalah menulis minimal 15 tulisan.

Cara mengirim tulisan ke melintas.id sebagai penulis lepas

https://www.melintas.id/literasi/34688327/ketentuan-dan-cara-mengirim-tulisan-ke-media-online-melintasid

Cara menulis di melintas.id sebagai penulis tetap:

Berbeda dengan menulis di blog, penulis melintas tidak memiliki akun akses menulis langsung di melintas. Yang punya hanya editor dan tim redaksi. Maka cara menulisnya adalah dengan menulis di word lalu mengirim ke google form.

Berikut ini tata caranya: Satu,  Download format file word, Dua, Isi seluruh kolom table yang disediakan, baru lalu menulis isi tulisan. Tiga,  Kirim ke link form:

Ketentuan menulis di Melintas.id adalah: Satu, Wajib ada gambar ( tapi kita tidak bisa ambil sembarang gambar dari google). gambar yang boleh dipakai hanyalah dari dokumentasi pribadi, medsos tokoh/instansi, situs penyedia gambar gratis seperti freepik.com, pixabay.com, pexels.com, dll. Dua,    Panjang tulisan minimal 350 kata. Maksimal 800 kata. Tiga,   Pengecualian untuk puisi ( minimal 4 bait, 1 bait terdiri 4 baris)

Jadi,  menulis di melintas.id tidak langsung tayang tulisannya, karena harus ditangani oleh editor dahulu. Maka waktu tunggu tayang tulisannya akan lama bisa berjam-jam bahkan berhari-hari. Karena disatu sisi, editor melintas juga memiliki pekerjaan tetap sehingga harus bagi waktu dengan melintas.id

Syarat ketentuan menulis di melintas.id

1.       Judul :

a)      Masih banyak judul belum sesuai ketentuan SEO (Search Engine Optimization)

b)      Ketentuan dari penyedia teknologi kita yaitu Promedia Judul minimal 90 karakter maksimal 110 karakter setara dengan 10 sampai 13 kata yang mendeskripsikan isi artikel, puisi, cerita dll

c)       Setiap judul mengandung minimal 2 keyword paling banyak 5 keyword

2.       Keyword

a)      Keyword berupa kata terkenal yang kemungkinan orang akan mengetikan ke mesin pencari (Search engine)

b)      Keyword berupa Nama (bisa nama orang, nama tempat, hal yang berkaitan dengan artikel)

c)       Keyword harus ada di judul, Paragraf 1, 2, 3 dan deskripis (baik deskripsi artikel maupun deskripsi gambar)

d)      Keyword  minimal 3 maksimal 5

3.       Paragraf

a)      Dalam setiap paragraf 1, 2, dan 3 wajib tertera minimal 2 keyword maksimal 5 keyword

b)      Sebaiknya atau (tidak harus) berupa prolog ke isi artikel, puisi, cerita dll agar mengandung keyword yang sudah ditentukan

c)       Setiap paragraf terdiri satu kalimat panjang atau 2 kalimat pendek

d)      Artikel (bukan kategori puisi) minimal 16 paragraf atau setara dengan 1 setengah halaman ukuran A4 font Calibri 12 maksimal 3 halaman A 4 font Calibri 12

4.       Sumber tulisan berita

a)      Sumber harus dari web resmi (bukan web media online atau web berita)

b)      Kalimat sumber hanya di ambil intisarinya saja terus di kembangkan sendiri

c)       Boleh web, IG, FB, Twitter, Tiktok dll

d)      IG harus IG pemilik asli bukan Buzzer

e)      Untuk youtube harus cek kolom/bagian tentang/about

f)       Ambil web luar negeri selama tidak ada perwakilan di Indonesia

5.       Artikel /berita

a)      Khusus berita wajib disertai sumber (boleh hasil wawancara)

b)      Rubrik yang lain sebaiknya menggunakan sumber

c)       DILARANG MELAKUKAN PLAGIARISME KARENA JIKA KETAHUAN OLEH GOOGLE MAKA MEDIA KITA AKAN DI TAKE DOWN (SAYA SUDAH MENEMUKAN ADA BEBERAPA ARTIKEL TERINDIKASI PLAGIARISME)

d)      Artikel yang akan di publish artikel yang memenuhi kriteria ketentuan menulis agar keterbacaan artikel tinggi. Artikel ditulis agar di baca orang lain maka harus sesuai ketentuan

Malam ini, banyak peserta berbondong-bondong mengajukan pertanyaan kepada narasumber. Masalahnya peserta baru mengenal tentang Melintas.id . Dan merupakan hal baru bagi peserta yang usianya baru sebulan lebih sedikit. Mudah-mudah Melintas.id semakin maju dan tetap jaya selalu. Lahir banyak penulis-penulis yang hebat. Aamiin.


 

5 komentar: