Rabu, 11 Januari 2023

Resume hari ke 2 Tumbuhkan Passion Dalam Menulis

Karya : Gutamining Saida

Tumbuhkan Passion Dalam Menulis

Tema                     : Menjadikan Menulis Sebagai Passion

Narasumber       : Dra. Sri Sugiarti, M. Pd (Bunda Kanjeng)

Hari/Tanggal       : Rabu, 11 Januari 2023

Moderator          : Widya Arema

Pertemuan malam ini dibagi 4 sesi yaitu :

1.       Pembukaan

2.       Paparan Materi

3.       Tanya jawab

4.       Penutup

Assalamu alaikum wr wb

Mari kita nikmati secuil resume yang saya buat kali ini, semoga manfaat.

Sesi pertama : Materi

Pengertian Passion (renjana) merupakan satu gairah yang dimiliki semua orang atau kecenderungan yang kuat terhadap suatu aktifitas yang digemari seseorang.

Cara menjaga passion yaitu dengan menjadikan sesuatu  yang selalu ingin dan ingin lagi. Jika kita sudah menjadikan sebagai passion, maka giat menulis tidak akan padam.

Tantangan kita adalah mampukah kita menjadikan menulis itu satu kebutuhan atau food suplemen yang akan membuat kita mulia.

Dengan menulis versi founder KBMN adalah bisa traveling ke luar negeri, dapat uang dari lomba, bisa bertemu Mas Menteri, Pak Presiden, bisa menedukasi pembaca untuk berliterasi serta bisa keliling Indonesia.

Sedang dari alumni di kelas sebelumnya yaitu sudah merasakan sukses dan bahagia ( bu Aam dan pak Dail) belum genap setahunsudah memiliki 60 buku antologi. Ini merupakan bukti dari “writing is my passion”.

Menurut Bu Kanjeng, menulis adalah bagian dari healing. Supaya memiliki kacamata 5 dimensi saat membaca, menulis dan berbicara.

Cara yang sederhana tulis semua masalah yang ada terus konsultasikan ke Allah lewat tulisan adar dada, pikiran tenang dan masalah pun hilang.

Sesi kedua : Tanya Jawab

 Kita jangan risau dengan digital, tik tok juga youtube. Percayalah kegiatan  literasi bisa dalam bentuk buku atau ebook. Untuk menghadapi tantangan sering lah kita adakan lomba dan menghidupkan literasi di segala lini.

Tengan pemasaran buku, sudah ada takdirnya, bila kita punya komunitas, rajin membaca, menjual dengan PO atau mengadakan diklat gratis dengan syarat membeli buku kita.

Tulisan non fiksi bisa berkiblat pada buku ajar atau buku karya ilmiah. Sedang fiksi untuk kalimat pertama dengan istilah LEAD dibuat menarik bisa dengan kutipan. Dialog atau dengan pertanyaan yang membuat pembaca penasaran.

Menulis non fiksi harus kita siapkan referensi, out line, daftar isi, materi. Bila menulis kreatif pandai-pandai kita menuangkan kata yang bisa dibaca dan diambil manfaat pembaca.

Cara menjaga mood yaitu dari kisah yang menjadi ide, ladang yang bisa dipetik jdi tulisan. Yang menjadi target bu Kanjeng yaitu menyebar rasa senang yaitu dengan memberi semangat, berbagi dengan begini, mengingatkan, tidak harus dengan materi, memberi ucapan selamat.

Ngrabuk nyawa : traveling, menulis, menyapa, mengajak pede,.

Cara yang dilakukan bu Kanjeng adalah:

Dakwah dengan tulisan

Silaturahmi dengan tulisan

Malam ini sudah semakin larut ditutup dengan kata-kata bijak:

Kemajuan hanya terjadi saat kita memberanikan diri keluar dari zona nyaman (Michael Jhon Bobak).

 

 

7 komentar: