Jumat, 13 Januari 2023

Gali Potensimu Ciptakan Karyamu


  • Karya : Gutamining Saida 
  • Hari/Tanggal       : Jum’at, 13 Januari 2023

    Angkatan             : 28

    Tema                     : Gali Potensi UkirPrestasi

    Narasumber       : Aam Nurhsanah, S.Pd

    Moderator          : Arofiah Afifi, S. Pd

     

             Pada KBMN pertemuan ke 3 ini dimulai pada pukul 19.00 WIB. Dibuka oleh Moderator kita bernama Arofiah Afifi alumni KBMN lulusan gelombang 24. Dibuka dengan kata-kata bijak. “Menulis adalah suatu cara untuk berbicara, suatu cara berkata, menyapa, menyentu seseorang yanglain entah dimana. Cara itulah yang bermacam-macam dan disanalah harga kreativitas ditimbang-timbang.” (Seno GumiraAjidarma).

    Dengan demikian menulis adalah suatu cara menampilkan potensi dan prestasi.

    Selanjutnya menghadirkan narasumber yang telah meraih bergudang prestasi yaitu ibu Aam Nurhasanah. Prestasi lain adalah sudah berhasil menjadi penulis mayor dalam tantangan 1 minggu bersama Prof Richardus Eko Indrajit alias Prof Ekoji. Disamping itu banyak mengantongi juara 1 dalam tantangan menulis PGRI dan YPTD, sebagai narasumber diberbagai acara, menjadi editor.

    Bu Aam sebagai guru mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri satu atap 4 Cipanas Kp. Gununghaur Desa Pasirhaur Kec. Cipanas Kab. Lebak-Banten. Lahir di Cipanas 12 Agustus 1988.

    Selanjutnya untuk menggali potensi mengukir prestasi dapat dimulai dengan apa yang kita sukai. Manusia memiliki kesempatan yang sama dalam menggali segala potensi untuk meraih prestasi. Contohnya: Bila suka menulis maka tekuni dunia tulis menulis. Menulislah apa yang disukai, apa yang dialami atau apa yang dikuasai. Contohnya menulis puisi, pantun,cerpen, novel atau kisah inspiratif.

    Banyak penulis pemula merasa takut memulai sebab banyak kendala yaitu takut tulisan jelek, takut dibuli, takut tulisan tidak sempurna, dan keraguan dalam publikasi tulisan sehingga tulisan hanya disimpan dalam draf dan membiarkan ide menguap hingga berlalu begitu saja.

    Menurut narasumber cara cepat menulis buku adalah dengan nubar (nulis bareng) buku antologi. Untuk menulis buku 1 minggu caranya adalah satu hari kita menulis 10 halaman ukuran kertas A4, lima hari ada 50 halaman jika dibuat A5 menjadi 100 halaman. Sisa dua hari untuk mengedit dan layout bila ada salah ketik. Lalu kirim ke penerbit jadilah.

    Narasumber memiliki kunci utama dapat produktif adalah niat dan motivasi diri yaitu ingin menulis 1000 buku. Pilih tokoh panutan untuk memompa semangat. Contoh yang nasumber pilih adalah Om Jay sebagai inspirator, sedang bu Kanjeng sebagai motivator. Jika semangat hampir padam diingat kembali niat awal kita ingin berbagi melalui tulisan.

    Resep tulisan kita di blog banyak pembaca adalahrajin main ke blog teman ( blog walking) dan memberi komentar. Sedang motto narsum adalah ingin menulis 1000 buku dan selalu berbagi dan menginspirasi negeri.

    Buliyan juga pernah dialami oleh narasumber. Sebagai contohnya Ada seseorang yang mengatakan meskipun diberi buku, tidak akan dibaca apalagi beli. Namun setelah melihat buku bu Asm di penerbit mayor dan banyak prestasi teman kemudian membeli bukunya. Sarannya apabila dibuli senyumin (berikan senyum) dan tetap semangat dan berprestasi.

    Cara istiqomah nulis di blog adalah luangkan waktu jangan menunggu waktu luang. Terus untuk memunculkan ide perhatikan apa yang kita lihat, kita dengar, kita sukai atau buka album foto. Biasanya foto atau gambar bisa memuat 1000 cerita. Agar pede tulis sebisanya kalau sudah terbisa perbendaharaan kata akan tambah banyak dan tulisan semakin bagus. Semua butuh waktu dan berproses. Butuh waktu dan ketrampilan yang dilatih. Jangan ingin seperti makan cabe.

    Motivasi terbesar Bu Aam adalah mengukir makna hidup. Kita akan dikenang dan dikenal sebagai apa saat kita sudah tiada nanti. Dan cara membagi waktu adalah membuat skala prioritas. Pilih mana yang urgent kerjakan dulu. Biasanya pagi kerjaan dinas. Malam literasi. Dengan begitu tidak menganggu kegiatn sebagai guru.
    Hambatan menulis ketika mood naik turun cara mengatasinya tinggalkan sejenak, refresing dulu atau bisa lakukan kegiatan lain seperti merajut, healing, menyanyi. Dan cara membuat judul yang bagus lebih asyk terdiri dari empat kata yang memiliki rima sehingga enak dibaca. Contoh Niat Berbagi Gaungkan Literasi

    Tip membuat blog adalah pilih tema atau templet yang menarik. Tip dari bu Kanjeng, beliau menulis mulai usia 50 th, Lebih baik telat daripada tidak sama sekali.

    Waktu semakin larut, narasumber tutup dengan beberapa petuah. “Bermimpi dahulu, bangun dan kejar mimpimu. Jika gagal terus mencoba sampai engkau bisa meraihnya.”

    Moderator segera menutup acara KBMN. Dengan bacaan hamdalah.

13 komentar: