Selasa, 23 Juli 2024

Perkenalan Di Awal Tahun Ajaran Baru


Karya : Gutamining Saida

Suasana tahun ajaran baru 2024-2025 penuh semangat. Para siswa kembali ke sekolah dengan seragam, buku, tas  dan harapan untuk memulai  sesuatu yang  baru. Di sekolah ada kesempatan bertemu kembali dengan teman kerja, siswa dan berkenalan dengan rekan baru.

Kabupaten Blora mulai masuk pada hari Senin, tanggal 22 Juli 2024. Saya mempersiapkan kegiatan menarik untuk menyambut siswa baru. Moment sangat berkesan sangat dinantikan banyak orang. Hari pertama SMPN 1 Kedungtuban langsung kegiatan pembelajaran. Saya mengajar ilmu pengetahuan sosial di kelas 8B, 8A dan 9C.

Pertemuan pertama saya manfaatkan untuk kenalan. Perkenalan adalah proses dimana seseorang memperkenalkan diri kepada orang lain. Hal ini  dilaksanakan di awal pembelajaran untuk memahami satu sama lain.

Saya belum pernah mengajar kelas tersebut. Sehingga sebelum mulai materi saya manfaatkan untuk saling berkenalan. Perkenalan dengan cara unik menuliskan beberapa jawaban pertanyaan. Selain itu saya memiliki maksud agar anak-anak memiliki sifat berani mengungkapkan isi hati lewat tulisan dan mengutarakan secara langsung. Temannya mendengarkan dan bisa memberikan komentar.

Saya mengarahkan siswa untuk membuat gambar telapak tangan diisi dengan berbagai komponen. Cara ini, efektif untuk mengenalkan siswa satu sama lain. Tentunya menjadi kenangan yang berkesan pada hari pertama masuk sekolah.

Berikut ini langkah-langkah saat kegiatan hari pertama,

1.       Siswa mempersiapkan kertas, pulpen sebagai media

2.       Guru memberi perintah untuk menjiplak telapak tangan kiri di kertas yang sudah disiapkan.

3.       Siswa disuruh menulis nama lengkap dan nama panggilan dibagian telapak tangan

4.       Siswa melengkapi tulisan di gambar lima jari masing-masing

Ibu jari                : Hoby

Jari telunjuk        : Mata Pelajaran  favorit

Jati Tengah          : Makanan favorit

Jari manis            : Cita-cita

Jari kelingking    : Sifat jelek

Setelah gambar tangan selesai dibuat dan dilengkapi tulisan di masing-masing jari. Siswa diminta membaca, menjelaskan di depan teman-temannya.  Sebagian anak memiliki percaya diri, menawarkan diri untuk maju ke depan membacakan hasil gambarnya. Melalui pengamatan saya, saat ini siswa perempuan lebih aktif dibanding anak lali-laki. Melihat fenome dibeberapa kelas yang lebih aktif siswa perempuan. Maka dapat diambil langkah untuk mendorong partisipasi semua siswa, yaitu

Pertama, memberikan kesempatan kepada semua siswa untuk maju ke depan. Kedua, menggunakan strategi seperti giliran dan memastikan semua siswa terlibat. Ketiga, memberikan pujian kepada semua siswa ketika mereka berpartisipasi aktif dan menunjukkan kemajuan.

Kegiatan ini selesai dilanjutkan refleksi semua siswa tentang kegiatan perkenalan hari ini. Siswa merasa senang, bahagia dengan cara yang baru saja dilakukan. Kenangan bersama guru IPS dan teman sekelas menjadi kenangan indah. Terasa belum lengkap bila kenangan tidak dilengkapi dokumentasi foto. Kami ambil foto bersama dengan memegang hasil karya mereka. Salam literasi semoga semakin semangat menyongsong hari-hari yang lebih baik dengan harapan baru.

Kedungtuban, 22 Juli 2024.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar