Selasa, 16 Juli 2024

PELATIHAN PENYUSUNAN PERANGKAT AJAR


SMPN 1 Kedungtuban pada tanggal 16 Juli 2024 hari Selasa mengadakan kegiatan penyusunan perangkat ajar. Jadwal pelaksanaan dimulai pukul 08.00 WIB sampai selesai. Moderator pada kesempatan ini adalah bapak Tulas Agus Nur Yasin. Narasumber didatangkan dari sekolah lain yaitu bapak Heru Joko S, S. Pd. Beliau dari guru mata pelajaran Bahasa Indonesia yang beralamat di Kauman Kecamatan Blora.

Susunan acara pada kegiatan ini adalah

1. Pembukaan

2. Sambutan bapak Kepla Sekolah SMPN 1 Kedungtuban

3. Pemaparan Materi dan praktik pembuatan perangkat ajar dan modul ajar

4. Doa dan penutup.

Kegiatan ini sangat pas bagi guru untuk menyongsong tahun ajaran baru. Tujuan diadakannya untuk meningkatkan kompetensi guru dalam merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran yang efektif, inovatif sesuai dengan kurikulum yang berlaku dan kebutuhan siswa.

Pada kesempatan ini narasumber menitik beratkan pada:

1. Memahami CP

2. Penentuan TP dan ATP

3. Penyusunan Perangkat Ajar dan Modul Ajar

Dalam kurikulum Merdeka . CP (Capaian Pembelajaran), TP (Tujuan Pembelajaran), ATP (Alur Tujuan Pembelajaran), Modul Ajar dan KKTP (Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajan).

Pada saat praktik langsung dipandu oleh narasumber, dimana para peserta membuat cover, membuat dari halaman pertama judul modul ajar, halaman pengesahan kepala sekolah dilanjutkan memahami  CP, TP, ATP baik yang dulu maupun yang sudah direvisi.

Tempat duduk para guru sudah disetting per mata pelajaran masing-masing. Sehingga guru dapat berdiskusi, tukar pikiran mengenai tantangan dan solusi dalam pembuatan modul ajar. Ada per mata pelajaran gurunya empat, ada yang tiga, dua bahkan ada yang sendirian.

Berikut ini beberapa manfaat bagi para para guru SMPN 1 Kedungtuban, yaitu pertama, pemahaman tentang konsep dan prinsip pembuatan perangkat pembelajaran. Kedua, memberikan bekal para guru dengan ketrampilan praktis dalam merancang modul ajar. Ketiga, mendorong guru untuk berinovasi dan berkreativitas dalam mengembangan    metode yang interaktif.

Hasil yang diharapkan pada kegiatan ini adalah pertama, setiap peserta dapat menghasilkan draf modul ajar yang siap untuk diimplementasikan.Kedua,  memberikan dampak positif terhadap proses pembelajaran di sekolah. Ketiga, menciptakan lingkungan belajar yang dinamis serta menyiapkan siswa menghadapi tantangan masa depan. SELAMAT MENUNAIKAN TUGAS MENCERDASKAN ANAK BANGSA. Semoga bermanfaat.

Cepu, 19 Juli 2024

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar