Senin, 08 Juli 2024

Kreasi tanpa batas lewat Canva

Karya :Gutamining Saida

Komunitas belajar adalah kelompok orang, masyarakat, guru, karyawan yang berkumpul untuk berbagi pengetahuan, sumber daya dan dukungan dengan tujuan bersama untuk belajar dan berkembang.

SMPN 1 Kedungtuban merintis kegiatan komunitas belajar (Kombel) sejak bulan Juni 2024. Akhir semesrter gasal yaitu bulan Juni sudah dimulai dengan dua kali pertemuan dan berjalan lancar. Bulan Juli sampai Desember sudah dijadwalkan pula. Setiap bulan diadakan dua kegiatan dengan judul dan narasumber yang berbeda. Pelaksanaannya secara tatap muka yang bertempat di ruang kelas 9E. Peserta pelatihan di bulan Juni baru sebatas guru-guru SMPN 1 Kedungtuban. Pada tanggal 8 Juli 2024 sudah ada peningkatan, ada dua peserta dari luar sekolah yaitu guru SD dan SMP lingkungan Kedungtuban. Hal ini guru diharapkan sebelum pelaksanaan mempromosikan lewat status whatshap, IG dan media lain.

Pelaksanaan hari ini, berbeda yaitu karena bapak Kepala Sekolah sedang berada di luar kota. Komunitas belajar tetap berjalan dengan lancar dan dipantau dengan google meet.

Susunan acara kombel ke tiga sebagai berikut:

Pembukaan oleh moderator yaitu Yan Aditya Raflialwi

Ice breaking oleh moderator dengan tujuan agar pelaksaanan tetap semangat.

Sambutan bapak Kepala Sekolah lewat google meet

Materi yang disampaikan yaitu tentang kreasi tanpa batas dengan canva oleh Pandu Anugrah Putra, S. Pd

Penutup dan doa

Komunitas belajar SMPN 1 Kedungtuban adalah bukti nyata sebagai alat yang efektif untuk kemajuan pendidikan. Dimana seorang guru dapat belajar secara kolaboratif dengan guru lain. Saling memotivasi dan terus berani belajar satu sama lain.

Setelah materi disampaikan oleh bapak Pandu, para peserta melaksanakan praktek membuat cover bahan ajar sesuai mata pelajaran yang diampu. Bagi yang tidak membawa laptop dengan menggunakan handphone. Guru menunjukkan rasa ingin tahu untuk menggunakan canva yang mungkin baru bagi mereka. Mereka semangat untuk meningkatkan ketrampilan mendesain . Peserta terlihat aktif selama sesi praktik, mengajukan pertanyaan dan saling membantu dengan rekan yang kesulitan. Guru mencoba berbagai fitur dan alat yang tersedia di canva. Ada yang bekerja sama dalam kelompok kecil, berpasangan dengan rekan sebelah untuk belajar bahkan menyelesaikan tugas bersama.

Nah, dengan komunitas belajar seorang guru dapat memperoleh banyak manfaat diantaranya yaitu: Pertama, mendorong guru secara internal untuk selalu belajar dan mencapai tujuan. Kedua, melibatkan diri selalu aktif dalam diskusi, proyek komunitas. Ketiga, berbagi ide, pengetahuan dengan mengajukan pertanyaan dan membantu sesama anggota. Keempat, bekerjasama dengan anggota dalam memecahkan materi pelajaran. Kelima, menciptakan lingkungan belajar yang positif dan inklusif.

Semoga bermanfaat.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar