Senin, 28 Agustus 2023

BLOG SEBAGAI MEDIA DOKUMENTASI

 


Resume                               : 28 Tanggal 28 Agustus 2023

Angkatan                            : 29

Tema                                   : BLOG Sebagai Media Kokumentasi

Pemateri                              : Bambang Purwanto, S.Kom., Gr.
Moderator                           : Purbaniasita Kusumanin Sedyo, S. PD

 

Alhamdulillah malam ini, pertemuan ke 28. Sebelum acara dimulai sekertaris angkatan 29 mengirim dua pantun ke grup. Pantun tersebut bisa dibaca di bawah ini,

Membeli Jamu di pasar pagi

semangka dibeli sama mbak ersi

Pertemuan kita sebentar lagi

semoga kita terus berkreasi

 

Membeli Terasi di toko pak yogi

Agar- agar ditoko mbak susi

ayo pegiat Literasi melek teknologi

Agar tidak ketinggalan digitalisasi

 

Moderator malam ini yaitu, Purbaniasita Kusumanin Sedyo, S. Pd yang akan menemani pertemuan malam ini dengan narasumber yang luar biasa. Yaitu

Data diri narasumber malam ini bisa dilihat dari blog.

Nama Lengkap : Bambang Purwanto, S.Kom., Gr., Nama Panggilan : Mr. Bams, Ayah Salwa, Tempat Tanggal Lahir : Bandung, 6 April 1974, Agama : Islam, Status : Menikah, Pendidikan Terakhir : S1, STMIK AMIKBANDUNG. Jurusan Sistem Informasi, 2013, Alamat Rumah : Perumahan Lebakwangi Asri D4 No 26 RT 04 RW 13, Desa Lebakwangi Kecamatan Arjasari Kab. Bandung – 40379

Pemateri malam ini sebagai guru TIK, pegiat literasi, pendongeng, blogger, MC dan aktivis masyarakat. Atau bisa berkenalan lewat link : https://penamrbams.id/cv-bambang-purwanto/

Dari blog beliau bisa diketahui beberapa refleksi dari para siswa. Salah satu contohnya adalah REFLEKSI DIRI SISWA. Pada saat akhir pembelajaran setiap siswa diminta untuk menuliskan refleksi diri. Isi dari refleksi diri adalah perasaan siswa dan apa saja yang didapat dan dirasakan oleh siswa. Selain itu siswa bisa memberikan masukan kepada gurunya (Mr. Bams) agar bisa tampil mengajar dan melayani siswa dengan baik.

Pertanyaan Refleksi Diri

Tuliskan dalam bentuk paragrap. Apa yang dipelajari hari ini? Silahkan dijelaskan. Materi apa yang masih menjadi kesulitan bagi kalian (harus dijelaskan kembali)? Bagaimana perasaan kamu saat belajar bersama Mr. Bams? Adakah masukan untuk  Mr. saat pembelajaran hari ini? Kalau ada jelaskan. Mohon jelaskan dengan kalimat lengkap tidak dalam bentuk jawaban sebuah pertanyaan. Contoh : Hari ini saya ulangan bab 1. Sebelum ulangan Mr. Bams menjelaskan tujuan ulangan tidak hanya mendapatkan nilai, akan tetapi melatih kejujuran dan kepercayaan diri. Hari ini perasaan saya sangat senang belajar Mr. Bams karena sebelum dan selama ulangan berjalan dengan lancar. Masukannya kalau bisa ulangannya tidak esai semua.

Isian ini saya olah menggunakan excel. Setiap siswa yang mengisi akan mendapatkan poin 10. Oh iya, tahun ini 2023/2024 menjadi 15 poinnya. Poin bisa dikonversi ke Nilai. Nilai Refleksi diri saya buat kesepatan dengan anak-anak bisa menjadi Nilai Ulangan atau Nilai Tugas.

Mengolah di excel tidaklah mudah. Bayangkan bapak-ibu guru, saya harus melakukan ini per minggu karena poin akan terus diakumulasi

Contoh Kelas 7A punya siswa 5 orang. Anggap saja A, B, C, D dan E.

MINGGU PERTAMA

A Mengisi P=15 N=100

B Tidak Mengisi P=0 N=0

C Mengisi P=15 N=100

D Mengisi P=15 N=100

E Mengisi P=15 N=100

[19.37, 28/8/2023] +62 888-0940-5468: Minggu Kedua

A Mengisi P=30 N=100

B Mengisi P=15 N=50

C Mengisi P=30 N=100

D Mengisi P=30 N=100

E Mengisi P=30 N=100

B Mengisi poin nya baru 15 Nilainya 50 dari mana ?

( 15 / (15 x 2) ) * 100

( Poin yang didapat / ( 15 x jumlah pertemuan) ) * 100

Nah keuntungannya adalah

 BAGI SISWA

1. Disiplin melakukan pengisian secara rutin diakhir pembelajaran

2. Melatih praktik kemampuan menulis

3. Hasil tulisan bisa dibaca ulang

4. Bagi yang tidak hadir bisa mendapat gambaran proses kegiatan pembelajaran

BAGI GURU

1. Seberapa taat siswa menulis refleksi diri, sehingga siswa disiplin untuk menulis setiap minggunya

2. Mendapatkan masukan dari siswa tentang pembelajaran

3. Memberikan kesempatan siswa untuk berpendapat atau menyampakan perasaannya

4. Alat ukur kedisiplan

Contoh : Refleksi diri kelas 7A pada tanggal 21 Agustus 2023

Hari ini saya belajar cara membuat folder/file. hari ini sangat seru karena saya mempelajari hal baru yang belum saya lakukan sebelumnya. saya senang bisa mempelajari hal baru ini. dan kita juga ada tugas tapi saya tidak mengerti mr bams ngomong apa karena tidak kedengeran.

Tulisan diatas ditulis oleh Absen 21 Kelas 7A

Contoh : Refleksi Diri kelas 7A absen 22 pada tanggal 21 Agustus 2023

Hari ini aku belajar bersama Mr.Bams. Aku diajarkan untuk membuat folder dan save file ke folder. Penjelasan Mr.Bams sangat mudah dimengerti. Mr.Bams sangat sabar saat mengajar kelas 7A yang ributnya seperti pasar malam. Pelajaran hari ini asik banget. Aku suka Informatika karna gurunya (Mr.Bams) yang supportive banget. Makasih buat Mr.Bams udah ngajar 7A.

Menurut narasumber : Hal yang menarik saya lakukan adalah membaca refleksi diri saat mau tidur. Senangnya bisa membaca tulisan anak-anak yang kadang bisa membuat tersenyum, senang, bahagia bahkan kadang terharu dan menitikan air mata. Serasa tak percaya kok bisa ya seperti ini.

Pada hari ini, kita pada awal pembelajaran melakukan ice-breaking di Quiziz mengerjakan 3 soal nomor, kita juga hari ini mencoba membuat satu program javascript di notepad dan jika sudah jangan lupa copy paste dan masukkan hasil programnya ke Word, masukkan pula ke Google Drive kita masing-masing, hari ini tidak ada masukan dari saya, Mr. Bams jangan lupa untuk menjaga kesehatan bapak dan istirahat yang cukup, Ancel tau bapak sedang banyak adanya pekerjaan dan tugas. Semoga hari-hari dan kegiatan kita semua dilancarkan oleh Tuhan Yang Maha Esa.’

Nah yang menariknya dari tulisan yang dibuat anak-anak maka munculah empati. Lihat dan baca kalimat diakhirnya ada yang memberikan doa (tanpa diminta). Ini keren lho, kita bisa melahirkan murid yang punya hati mulia, untuk selalu mendoakan orang lain.

 Pertemuan dilanjut sesi tanya jawab:

1.       Refleksi untuk siswa SD kelas rendah baiknya  seperti apa ya?

Ibu Helwiah yang super semangat.

Refleksi Diri di kelas rendah bisa dengan lisan, tidak harus semuanya. Bisa juga melalui tulisan yang sudah disediakan. Contoh

Sediakan kertas sebanyak siswa. Berikan pertanyaan

Bagaimanakah persaan kalian belajar bersama ibu?

A. Senang sekali

B. Senang

C. Biasa

Kemudian anak-anak tersebut menulis di kertas. Nah selanjutnya pasti punya ide yang lebih dari ini. Selamat mencoba.

2.       Izin bertanya om, saya Ratih putri. Dari tanggerang..

Menarik dan kreatif sekali yang Mr lakukan. Apa yang memotivasi Mr?

Adakah kendala dan kesulitan yang Mr temui sejauh ini?

Waalaikumsalam w.w. Ibu Ratih yang penyabar

Manusia diciptakan oleh Allah dengan luar biasa. Manusia diberikan kemampuan berpikir dan bertindak sesauai dengan pengalaman dan hasil belajar. Hidup ini harus memberikan yang terbaik. Banyak para motivator menyampaikan Kita bisa menjadi orang sukses, akan tetapi Mr. Bams sampaikan hari ini kita harus sukses, kenapa harus nanti, artinya apa? setiap kesempatan yang datang kepada kita harus diupayakan dengak aksi yang terbaik.

 

Sama halnya hari ini Mr. Bams diberikan kesempatan berbagi dengan bapak ibu guru hebat, maka harus dilakukan dengan yang terbaik.

Benarkah kita besok masih diberikan usia? Yakin?

Tidak ada jaminan apapun bahwa besok masih menjadi milik kita. Bila besok masih hadir untuk kita, artinya Tu…

3.       Iah Sutianah_Kab. Bandung

Bertanya: Kami mengajar PAUD. Di akhir kegiatan sebelum berdoa pulang, kami memberikan pertanyaan kepada para siswa, dengan pertanyaan: 1. Apa saja kegiatan hari ini? 2. Kegiatan mana yang kalian sukai? 3. Kegiatan mana yang tidak kalian sukai? 4. Kegiatan apa yang sulit? 5. Kegiatan apa yang mudah. Lalu kami memberitakan kegiatan untuk esok harinya. Maksud dari pertanyaan tsb, untuk evaluasi guru juga evaluasi para siswa.  Apakah hal ini, bisa dikatakan refleksi diri siswa?

Ibu Iah di Kabupaten Bandung. Ibu dimana Kab Bandungna? Abdi di Arjasari, Lebakwangi,

Ya, yang ibu lakukan itu sudah bagian dari refleksi diri. Penting juga kita mendapatkan umpan balik dari siswa agar kita mengajar bisa lebih baik. Saya punya keyakinan bahwa guru yang ada disini pasti punya cara hebat untuk melakukan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna

Terus belajar dan mengupayakan memberikan yang terbaik untuk murid kita.

 Link bukti karya vidio yang sudah diunggah di PMM https://guru.kemdikbud.go.id/bukti-karya/video/349389

Menurut beliau, narasumber : di sekolah saat ini saya juga sebagai koordinator Literasi. Program setiap harinya adalah

1. Senin Membaca Kitab Suci

2. Selasa Cerita Pagi

3. Rabu Membaca Buku Pilihan Pribadi

4. Kamis Membaca Bergiliran Buku Pilihan Kelas

5. Jumat Membuat Cerita

Bisa dilihat di link ini : http://literasi.smp.tarunabakti.sch.id/

Pertanyaan sudah dijawab semua tibalah pada closing statement yg akan disampaikan Mr. Bams sebagai narasumber malam ini.

Mari Belajar Tiada Henti

 Berbahagialah dan beruntunglah bagi kita semua yang dinyatakan memiliki profesi guru. Profesi yang sangat mulia untuk dijalankan dimana saja. Guru yang membuat anak-anak bisa belajar dari tidak bisa menjadi bisa. Dari kurang menjadi cukup.

Yakinkanlah bahwa kita mengajarkan mahluk hidup yang mulia, seorang manusia bukan sebuah robot yang bisa kita perintahkan ini dan itu. Maka selayaknya kita selalu berkomunikasi kepada Sang Pengerak dari mahluk tersebut.

 Mengisi bathin dengan spiritualitas tinggi tak tergantikan dengan teklogi secanggih apapun. Jadilah pemilik panggung di kelas bersama anak-anak yang hebat. Anak-anak yang kelak akan memimpin negeri ini.

 Terbarkan kasih sayang disetiap detiknya, karena kasih sayang kita tak pernah marah dan mengeluh dengan keadaan. Kekuatan ilahi akan menemani kita guru-guru yang mau berpikir, belajar dan mempraktikan hal-hal yang baru untuk kemajuan pendidikan di Indonesia.

 Refleksi Diri tak akan berguna bila tidak ditindaklanjuti. Semoga materi ini bisa bermafaat untuk kita semua.

 Bila kita haus maka carilah AQUA, karena Aku ada untukmu

Bila AQUA tidak ada maka carilah AMIDIS, karena Aku mikirin dirimu selalu

Bila keduanya tidak ada maka carilah PRIMA agar ada Perasaan Rindu Bersama

 Hari kamis bawa palu, I miss you

 Salam Bahagia

Mr. Bams

Alhamdulillah pertemuan yang luar biasa. Banyak ilmu, pengalaman, motivasi yang bisa diambil manfaatnya. Saya sebagai peserta sangat bahagia bisa bersama belajar di KBMN. Semoga Om Jay bersama tim solit semakin sukses, sehat dan bahagia selalu. Terimakasih. Semoga tulisan ini membawa manfaat bagi pembaca.

1 komentar: