Senin, 17 Juli 2023

Benarkah Menulis Itu Mudah?



Malam ini memasuki pertemuan ke sepuluh. Alhamdulillah saya sudah mampu melewati sepertiga pertemuan dengan lancar. Saya berharap bisa melampaui semua kegiatan KBMN sampai finis. Tidak main-main tantangan yang harus diselesaikan 30 pertemuan. Saya yakin Allah mempermudah cita-cita ini. Aamiin.

Malam ini narasumber Prof. Dr. Ngainun Naim dan dipandu oleh seorang moderator cantik yang bernama mbak Yandri Novita Sari, S. Pd. Beliau berasal dari ranah Minangkabau kabupaten Pesisir selatan, Sumatera barat.

Menurut Profesor menulis itu bisa mudah. Beberapa hal yang membuat mudah adalah:

Menulis apa yang diketahui, jangan menulis yang tidak diketahui. Contohnya bisa menulis pengalaman hidup sehari-hari.

Contohnya: https://ngainun-naim.blogspot.com, https://ngainun-naim.blogspot.com/2023/04/silaturrahim-dan-kepekaan.html dan https://www.kompasiana.com/ngainun-naim.berbagi/63f732344addee2dd85ba487/senja-sawah-dan-jejak-kenangan

Tulisan tersebut menurut profesor mudah karena hanya berdasar pengalaman. Menurut beliau, jika kita sebagai seorang guru, tulis saja pengalamankeseharian yang sesungguhnya sangat kaya.

Yakinkan pada diri kita bahwa menulis itu memang mudah. Jangan berpikir kalau menulis itu sulit. Harap dibedakan antara pikiran dan praktik kita dalam menulis. PIKIRAN itu KUNCI PENTING yang menentukan TINDAKAN. Menurut profesor jika kita berpikir menulis itu sulit, tentu kita akan mudah PATAH ARANG. Menghadapi kesulitan akan berhenti. Tetapi jika menganggapnya MUDAH nanti akan MUDAH BETUL. Hambatan akan bermetamorfosismenjadi TANTANGAN.

Menulislah sedikit demi sedikit. Menulis tidak harus banyak. Kuncinya KONSISTEN. Tanamkan dalam diri untuk menulis setiap ada kesempatan.

Ada teknik NGEMIL biasa kita baca di: https://www.spirit-literasi.id/2023/06/hernowo-spirit-literasi-dan-teknik. html 

Profesor mengatakan, komputer atau hp hanya alat, tidak menentukan produktif menulis tau tidak. Beliau sampai saat ini masih menulis tangan. Jadi, jika kita tidak terbiasa menulis di komputer atau hp jangan malu menulis dengan tangan. Contoh hasil karya profesorbisa dibuktikan di sini: https://www.spirit-literasi.id/2023/06/menulis-tangan-dan-budaya-menulis.html.

Tulis apa yang kita pikir. Jangan sebaliknya pikir apa yang akan ditulis. Pokoknya menulis saja. Menulis itu DUNIA AKSI. BUKAN HANYA TEORI.

Contoh tugas akhir dikerjakan jangan hanya dipkikir. https://www.kompasiana.com/ngainun-naim.berbagi/63a0813c08a8b5581267ce32/tugas-akhir-dikerjakan-jangan-hanya-dipikir.

Jangan menulis sambil dibaca atau diedit. Jadi kalau menulis itu fokus mengeluarkan apa yang ada dalam pikiran. Terus saja tulis. Edit harus dilakukan dengan waktu yang tidak bersamaan. Contoh jika nulis malam editnya besok.

Profesor menutup kegiatan ini dengan 3M pencetusnya AA Gym. Yaitu

M: Mulai dari diri sendiri

M: Mulai dari hal kecil

M: Mulai sekarang juga.

MENULIS akan mudah ketika DIPRAKTIKKAN bukan hanya DIDISKUSIKAN.

Menulis itu banyak motivasi. Antara lain yaitu butuh duit untuk kuliah, sebagai hobi.

Nah, cukup menarik bukan materi malam ini, semoga manfaat.

 





 

10 komentar: