Minggu, 07 Mei 2023

PERMINTAAN DAN PENAWARAN (MATERI DARING) SENIN 8 MEI 2023

 PERMINTAAN

Permintaan  merupakan keinginan membeli  barang dan jasa disertai dengan kemampuan membeli pada waktu dan harga tertentu. Seseorang yang menginginkan barang atau jasa tetapi belum emiliki kemampuan membeli belum dapat dikategorikan sebagai  permintaan.

Permintaan dapat dikelompokkan berdasarkan kemampuan membeli

Berdasarkan daya belinya, permintaan dikelompokkan menjadi 3 (tiga) yaitu:

1) Permintaan efektif

Permintaan efektif merupakan permintaan yang disertai dengan kemampuan membeli (daya beli). Dalam permintaan efektif, konsumen memiliki kemampuan untuk membeli barang maupun jasa serta melakukan transaksi pembelian.

2) Permintaan potensial

Permintaan potensial merupakan permintaan yang disertai dengan daya beli tetapi konsumen belum melakukan transaksi pembelian.

3) Permintaan absolut

Permintaan absolut merupakan permintaan dari konsumen terhadap suatu barang maupun jasa tetapi tidak disertai dengan kemampuan membeli (daya beli).

Berdasarkan jumlah konsumen, permintaan dibagi menjadi dua yaitu:

1) Permintaan individual

Permintaan individual merupakan permintaan atas barang dan jasa dari individu. Permintaan individual tergantung dari kemampuan masing-masing individu.

2) Permintaan pasar

Permintaan pasar merupakan permintaan atas barang dan jasa yang dilakukan oleh masyarakat. Permintaan ini dihitung dari jumlah permintaan individu.

 



PENAWARAN

Penawaran merupakan sejumlah barang maupun jasa yang ditawarkan oleh produsen kepada konsumen pada  waktu, harga dan tempat tertentu.

 

PASAR

Pasar diartikan sebagai sarana bertemunya pembeli dan penjual, yang dilakukan secara langsung dan tidak langsung untuk melakukan transaksi jual beli. Transaksi jual beli dapat terjadi di lokasi tertentu, warung, toko, mal, pasar tradisional dan bahkan melalui internet. Semua tempat tersebut dapat disebut dengan pasar. Pasar merupakan sarana kegiatan distribusi barang dan jasa. Produsen menawarkan hasil produk dan jasanya di pasar dan konsumen mencari barang yang dibutuhkan di pasar. Seiring perkembangan teknologi, pasar tidak lagi memiliki batasan wilayah, semua negara dapat saling terhubung untuk menawarkan dan mencari kebutuhannya.

Fungsi pasar adalah:

1) Fungsi distribusi

Fungsi pasar sebagai saluran distribusi artinya pasar sebagai sarana bagi produsen untuk mendistribusikan barangnya kepada konsumen.

2) Fungsi pembentuk harga

Penjual menawarkan produk dan jasa pada harga tertentu dan berharap mendapatkan laba dari penjualan produk dan jasa, sedangkan konsumen melakukan permintaan atas suatu produk dan jasa dan berharap mendapatkan harga yang murah agar semua kebutuhannya dapat tercapai. Perbedaan keinginan penetapan harga antara penjual dan pembeli ini menimbulkan tawar menawar dan membentuk harga keseimbangan/ harga pasar.

3) Fungsi promosi

Sebagai saluran distribusi pasar akan melakukan promosi kepada konsumen agar mereka tertarik membeli produk dan jasa. Dalam situasi ini, produsen diuntungkan dengan adanya promosi yang dilakukan oleh pasar.

Pasar mencakup segala aktivitas penawaran dan permintaan atas berbagai jenis sumber daya ekonomi, seperti tenaga kerja, modal, surat berharga, dan uang. Melalui mekanisme pasar, penawaran dan permintaan akan saling bertemu dan membentuk harga yang mengatur alokasi sumber daya di masyarakat.

Bentuk Pasar menurut jenis barang yaitu pasar barang konsumsi dan pasar faktor produksi.

Bentuk Pasar menurut waktu yaitu pasar kaget, harian, mingguan, bulanan, tahuanan,

Bentuk pasar menurut luas jangkauan yaitu pasar regional, pasar internasional, pasarlokal, pasar nasional.

Bentuk pasar menurut sifat barang yaitu pasar konkrit, pasar abstrak

Bentuk pasar menurut strukturnya yaitu pasar persaingan sempurna, pasar persaingan tidak sempurna

 

Jawablah pertanyaan berikut:

1.       Faktor apa saja yang mempengaruhi permintaan? Sebutkan lima!

2.       Faktor apa saja yang mempengaruhi pernawaran? Sebutkan lima!

3.       Apakah kalian pernah melakukan transaksi online? Contohnya apa?

4.       Transaksi online lewat apa? Ceritakanlah caranya?

5.       Transaksi online disebut katagori dalam pasar apa?

6.       Gambar dibawah ini termasuk pasar apa?


 

7.       Pasar menurut waktu pelaksanaan di desamu apa saja? Sebutkan!

8.       Gambar ini termasuk pasar apa, jelaskan

 


 Pernahkah kalian ke pasar modern ? Sebutkan ciri-cirinya pasar modern

10.   Pernahkah kalian mendengar  istilah Pasar kaget? Jelaskan.

 

 

 

 



7 komentar:

  1. 1:harga barang,pendapatan konsumen,jumlah konsumen,selera masyarakat.
    2:Pajak,biaya produksi,persaingan,ketersediaan barang.
    3:Tidak
    4:Tidak pernah
    5:Tidak pernah
    6: Pasar Tradisional
    7: Pasar harian
    8: pasar modern
    9: Pernah ciri ciri nya adalah ruangan yang nyaman,bertingkat,semua barang berkualitas.
    10:Tidak

    BalasHapus
  2. 1.harga barang itu sendiri,harga barang lain, pendapatan konsumen,jumlah konsumen,selera konsumen.
    2.waktu,harga,tempat,barang/jasa, produsen dan konsumen.
    3.pernah, contohnya belanja online.
    4.transaksi online bisa melalui media yaitu handphone, komputer,laptop dll yang terdapat internet.
    5.e-commerce
    6.pasar tradisional
    7.Bentuk Pasar menurut waktu yaitu pasar kaget, harian, mingguan, bulanan, tahuanan.
    8.pasar lewat internet/pasar moderen
    9.pernah,lengkap berkualitas dan efisien
    10.pernah,pasar kaget adalah pasar sesaat yang terjadi ketika ada keramaian.

    BalasHapus
  3. 1. harga barang, pendapatan konsumen, jumlah konsumen, selera konsumen dan perkiraan di masa yang akan datang.
    2. pajak dan subsidi, biaya produksi & teknologi, persaingan, ketersediaan barang, faktor alam.
    3. tidak.
    4. tidak.
    5. E-commerce C2C (konsumen ke konsumen).
    6. pasar tradisional.
    7. pasar harian.
    8. pasar modern, jenis pasar yang pengelolaannya dilakukan secara modern.
    9. bersih dan nyaman, produk berkualitas, lengkap dan efisien, tata ruang yang nyaman.
    10. tidak.

    BalasHapus
  4. 1:harga barang,pendapatan konsumen,jumlah konsumen,selera masyarakat.
    2:Pajak,biaya produksi,persaingan,ketersediaan barang
    3.Tidak
    4.Transaksi online bisa melalui media yaitu handphone dll
    5.e-commerce
    6.pasar tradisional
    7.pasar harian
    8.pasar moderen
    9.pernah, lengkap dan efisien
    10.Tidak

    BalasHapus
  5. *Permintaan efektif,permintaan potensial, permintaan absolut, permintaan individual,permintaan pasar
    *termasuk pasar abstrak
    *biaya produksi,tingkat teknologi, jumlah produsen,harga barang itu sendiri, kebijakan pemerintah
    *ya, seperti mengirim /menansfer uang
    *lewat kartu kredit, caranya serahkan ke kasir, kemudianterima bukti transaksi,dan pembayaran selesai
    *transaksi jual beli secara online
    * yaitu pasar tradisional /pasar lokal
    *waktu wage dan legi
    *ya, yaitu tata ruang yang nyaman, berkualitas, bersih dan nyaman,pembeli dapat menemukan kebutuhan nya sendiri
    *ya, pasar kaget merupakan pasar tradisional yang muncul secara tiba-tiba di tempat keramaian pada hari tertentu.

    BalasHapus
  6. 1.jumlah konsumen,pendapat konsumen,harga barang , jumlah konsumen,pendapatan
    2.subsidi,pajak,biyaya produksi,teknologi,persaingan produsen
    3.tidak
    4.transaksi online melalui media online
    5.tradisional
    6.pasar harian
    7.harian
    8.moderen
    9.bersih dan aman dan bagus barang barang
    10.tidak

    BalasHapus
  7. 1.harga barang sendiri,harga barang lain,pendapatan konsumen jumlah konsumen,dan selera konsumen
    2.harga input,kemajuan teknologi,harga barang atau jasa yang berhubungan,jumlah penjual,kebijakan pemerintah.
    3.saya pernah melakukan pembelian barang secara online.
    4.Transaksi online bisa melalui media yaitu handphone yang terdapat internet.
    5.e-commerce.
    6.pasar tradisional.
    7.pasar harian,mingguan.
    8.pasar modern,jenis pasar yang penggelolaannya dilakukan secara modern.
    9. Ya saya pernah kepasar modern. Ciri²nya: tata ruang yang nyaman.Bersih,produk berkualitas,lengkap,Penyedia Lapangan Pekerjaan.
    10.pernah,pasar kaget adalah pasar sesaat yang terjadi ketika ada keramaian.
    Nama:Sherina Privita C.K
    Kelas:VII F

    BalasHapus