PERMINTAAN
Permintaan merupakan keinginan
membeli barang dan jasa disertai dengan
kemampuan membeli pada waktu dan harga tertentu. Seseorang yang menginginkan
barang atau jasa tetapi belum emiliki kemampuan membeli belum dapat
dikategorikan sebagai permintaan.
Permintaan dapat dikelompokkan berdasarkan kemampuan membeli
Berdasarkan daya belinya, permintaan dikelompokkan menjadi
3 (tiga) yaitu:
1) Permintaan efektif
Permintaan efektif merupakan permintaan yang
disertai dengan kemampuan membeli (daya beli). Dalam permintaan efektif,
konsumen memiliki kemampuan untuk membeli barang maupun jasa serta melakukan
transaksi pembelian.
2) Permintaan potensial
Permintaan potensial merupakan permintaan yang
disertai dengan daya beli tetapi konsumen belum melakukan transaksi pembelian.
3) Permintaan absolut
Permintaan absolut merupakan permintaan dari
konsumen terhadap suatu barang maupun jasa tetapi tidak disertai dengan
kemampuan membeli (daya beli).
Berdasarkan jumlah konsumen, permintaan dibagi menjadi dua yaitu:
1) Permintaan individual
Permintaan individual merupakan permintaan atas
barang dan jasa dari individu. Permintaan individual tergantung dari kemampuan masing-masing
individu.
2) Permintaan pasar
Permintaan pasar merupakan permintaan atas barang
dan jasa yang dilakukan oleh masyarakat. Permintaan ini dihitung dari jumlah permintaan
individu.
PENAWARAN
Penawaran merupakan sejumlah barang maupun jasa
yang ditawarkan oleh produsen kepada konsumen pada waktu, harga dan tempat tertentu.
PASAR
Pasar diartikan sebagai sarana bertemunya pembeli
dan penjual, yang dilakukan secara langsung dan tidak langsung untuk melakukan
transaksi jual beli. Transaksi jual beli dapat terjadi di lokasi tertentu,
warung, toko, mal, pasar tradisional dan bahkan melalui internet. Semua tempat
tersebut dapat disebut dengan pasar. Pasar merupakan sarana kegiatan distribusi
barang dan jasa. Produsen menawarkan hasil produk dan jasanya di pasar dan
konsumen mencari barang yang dibutuhkan di pasar. Seiring perkembangan
teknologi, pasar tidak lagi memiliki batasan wilayah, semua negara dapat saling
terhubung untuk menawarkan dan mencari kebutuhannya.
Fungsi pasar adalah:
1) Fungsi distribusi
Fungsi pasar sebagai saluran distribusi artinya
pasar sebagai sarana bagi produsen untuk mendistribusikan barangnya kepada
konsumen.
2) Fungsi pembentuk harga
Penjual menawarkan produk dan jasa pada harga
tertentu dan berharap mendapatkan laba dari penjualan produk dan jasa,
sedangkan konsumen melakukan permintaan atas suatu produk dan jasa dan berharap
mendapatkan harga yang murah agar semua kebutuhannya dapat tercapai. Perbedaan
keinginan penetapan harga antara penjual dan pembeli ini menimbulkan tawar
menawar dan membentuk harga keseimbangan/ harga pasar.
3) Fungsi promosi
Sebagai saluran distribusi pasar akan melakukan
promosi kepada konsumen agar mereka tertarik membeli produk dan jasa. Dalam
situasi ini, produsen diuntungkan dengan adanya promosi yang dilakukan oleh
pasar.
Pasar
mencakup segala aktivitas penawaran dan permintaan atas berbagai jenis sumber
daya ekonomi, seperti tenaga kerja, modal, surat berharga, dan uang. Melalui
mekanisme pasar, penawaran dan permintaan akan saling bertemu dan membentuk
harga yang mengatur alokasi sumber daya di masyarakat.
Bentuk
Pasar menurut jenis barang yaitu pasar barang konsumsi dan pasar faktor
produksi.
Bentuk
Pasar menurut waktu yaitu pasar kaget, harian, mingguan, bulanan, tahuanan,
Bentuk
pasar menurut luas jangkauan yaitu pasar regional, pasar internasional,
pasarlokal, pasar nasional.
Bentuk
pasar menurut sifat barang yaitu pasar konkrit, pasar abstrak
Bentuk
pasar menurut strukturnya yaitu pasar persaingan sempurna, pasar persaingan
tidak sempurna
Jawablah pertanyaan berikut:
1. Faktor
apa saja yang mempengaruhi permintaan? Sebutkan lima!
2. Faktor
apa saja yang mempengaruhi pernawaran? Sebutkan lima!
3. Apakah
kalian pernah melakukan transaksi online? Contohnya apa?
4. Transaksi
online lewat apa? Ceritakanlah caranya?
5. Transaksi
online disebut katagori dalam pasar apa?
6. Gambar
dibawah ini termasuk pasar apa?
7. Pasar
menurut waktu pelaksanaan di desamu apa saja? Sebutkan!
8. Gambar
ini termasuk pasar apa, jelaskan
10. Pernahkah
kalian mendengar istilah Pasar kaget?
Jelaskan.
1:harga barang,pendapatan konsumen,jumlah konsumen,selera masyarakat.
BalasHapus2:Pajak,biaya produksi,persaingan,ketersediaan barang.
3:Tidak
4:Tidak pernah
5:Tidak pernah
6: Pasar Tradisional
7: Pasar harian
8: pasar modern
9: Pernah ciri ciri nya adalah ruangan yang nyaman,bertingkat,semua barang berkualitas.
10:Tidak
1.harga barang itu sendiri,harga barang lain, pendapatan konsumen,jumlah konsumen,selera konsumen.
BalasHapus2.waktu,harga,tempat,barang/jasa, produsen dan konsumen.
3.pernah, contohnya belanja online.
4.transaksi online bisa melalui media yaitu handphone, komputer,laptop dll yang terdapat internet.
5.e-commerce
6.pasar tradisional
7.Bentuk Pasar menurut waktu yaitu pasar kaget, harian, mingguan, bulanan, tahuanan.
8.pasar lewat internet/pasar moderen
9.pernah,lengkap berkualitas dan efisien
10.pernah,pasar kaget adalah pasar sesaat yang terjadi ketika ada keramaian.
1. harga barang, pendapatan konsumen, jumlah konsumen, selera konsumen dan perkiraan di masa yang akan datang.
BalasHapus2. pajak dan subsidi, biaya produksi & teknologi, persaingan, ketersediaan barang, faktor alam.
3. tidak.
4. tidak.
5. E-commerce C2C (konsumen ke konsumen).
6. pasar tradisional.
7. pasar harian.
8. pasar modern, jenis pasar yang pengelolaannya dilakukan secara modern.
9. bersih dan nyaman, produk berkualitas, lengkap dan efisien, tata ruang yang nyaman.
10. tidak.
1:harga barang,pendapatan konsumen,jumlah konsumen,selera masyarakat.
BalasHapus2:Pajak,biaya produksi,persaingan,ketersediaan barang
3.Tidak
4.Transaksi online bisa melalui media yaitu handphone dll
5.e-commerce
6.pasar tradisional
7.pasar harian
8.pasar moderen
9.pernah, lengkap dan efisien
10.Tidak
*Permintaan efektif,permintaan potensial, permintaan absolut, permintaan individual,permintaan pasar
BalasHapus*termasuk pasar abstrak
*biaya produksi,tingkat teknologi, jumlah produsen,harga barang itu sendiri, kebijakan pemerintah
*ya, seperti mengirim /menansfer uang
*lewat kartu kredit, caranya serahkan ke kasir, kemudianterima bukti transaksi,dan pembayaran selesai
*transaksi jual beli secara online
* yaitu pasar tradisional /pasar lokal
*waktu wage dan legi
*ya, yaitu tata ruang yang nyaman, berkualitas, bersih dan nyaman,pembeli dapat menemukan kebutuhan nya sendiri
*ya, pasar kaget merupakan pasar tradisional yang muncul secara tiba-tiba di tempat keramaian pada hari tertentu.
1.jumlah konsumen,pendapat konsumen,harga barang , jumlah konsumen,pendapatan
BalasHapus2.subsidi,pajak,biyaya produksi,teknologi,persaingan produsen
3.tidak
4.transaksi online melalui media online
5.tradisional
6.pasar harian
7.harian
8.moderen
9.bersih dan aman dan bagus barang barang
10.tidak
1.harga barang sendiri,harga barang lain,pendapatan konsumen jumlah konsumen,dan selera konsumen
BalasHapus2.harga input,kemajuan teknologi,harga barang atau jasa yang berhubungan,jumlah penjual,kebijakan pemerintah.
3.saya pernah melakukan pembelian barang secara online.
4.Transaksi online bisa melalui media yaitu handphone yang terdapat internet.
5.e-commerce.
6.pasar tradisional.
7.pasar harian,mingguan.
8.pasar modern,jenis pasar yang penggelolaannya dilakukan secara modern.
9. Ya saya pernah kepasar modern. Ciri²nya: tata ruang yang nyaman.Bersih,produk berkualitas,lengkap,Penyedia Lapangan Pekerjaan.
10.pernah,pasar kaget adalah pasar sesaat yang terjadi ketika ada keramaian.
Nama:Sherina Privita C.K
Kelas:VII F