Senin, 10 April 2023

Pembelajaran Daring Bagi Siswa Kelas VII, VIII Saat Kelas IX Pra Sumatif

 Karya Gutamining Saida

Senin tanggal 10 April 2023 jadwal pelaksanaan pra sumatif bagi kelas IX. SMPN 1 Kedungtuban melaksanakan pembelajaran bagi kelas VII dan VIII secara daring sesuai jadwal pada hari-hari biasa.

Pembelajaran daring dikenal dengan istilah online. Istilah daring belakangan ini santer terdengar. Terutama untuk menyebut suatu kegiatan  yang dilakukan secara langsung ataupun virtual.

Daring adalah singkatan dari Dalam Jaringan. Hal ini berkaitan dengan teknologi (alat yang digunkan ponsel, komputer, laptop sampai televisi).

Hari Senin saya sebagai pengawas pra sumatif bahkan saya memiliki tugas mengajar di kelas VIIF. Maka saya pun pada jam ke 4-5 memberikan pembelajaran secara daring. Materi sudah saya siapkan pada hari Minggu malam. Kini tinggallah saya bagikan link ke grup kelas.

Setelah link terkirim, beberapa saat kemudian gawai saya bergetar. Getaran demi getaran semakin terasa. Itu menandakan banyak chat yang masuk.

“treeeet treeeet treeeet” Saya merasa senang sebab siswa kelas VII antusias siap menerima materi IPS. Kemudian saya coba membuka handphone dan terutama chat dari grup kelas VIIF. Bahkan banyak chat pribadi kepada saya dari siswa kelas VIIF.

“Assalamu alaikum, bu ini maksudnya bagaimana?”

“Assalamu alaikum, bu kok tidak bisa dibuka?”

“Assalamu alaikum, punya saya tidak bisa dipencet bu.”

“Bu, saya kerjakan di buku saja ya.”

Itu sebagian chat dari beberapa chat yang masuk. Semua tentang kendala yang terjadi. Alhamdulillah mereka bisa membaca materi dan semangat mengikuti pembelajaran daring. Saya berusaha memberikan arahan di grup tentang cara menjawab baik melalui link maupun di buku bagi yang tidak bisa masuk.

Kali ini, saya menggunakan aplikasi http://gutaminingsaida.blogspot.com/2023/04/kerajaan-islam-di-indonesia.html

Beberapa saat kemudian, satu demi satu bisa langsung mengumpulkan tugas.  Lewat blog dan ditulis di buku bagi yang tidak bisa masuk blog. Dari sekian jumlah siswa yang bisa menjawab di blog yaitu: Galih Ridho, Adnan, Putri Ayunda, Sherina, Citra k, Dinda Karisma dan Novita. Sebagian ditulis mengerjakan di buku dan dikirim fotonya ke saya.

Saya sangat bersyukur bisa mempraktikkan aplikasi blog dalam pembelajaran IPS. Siswa saya juga bisa mengenal aplikasi baru. Sehingga walau kami berada di jauh perkotaan tidak merasa tertinggal dengan kemajuan teknologi.

Nah, mari teman-teman guru semangat berjuang di dunia pendidikan. Siap untuk selalu berubah seiring dengan kemajuan teknologi dan kemajuan zaman. Semoga selalu ada kemudahan. Aamiiin .

Kedungtuban, 11 April 2023

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar