Jumat, 20 Januari 2023

Menulis Buku Mayor Dalam Waktu Yang Singkat

 Karya : Gutamining Saida

                                                

Resume KBMN 

Hari/Tanggal       : Jum’at, 20 Januari 2023

Angkatan             : 28

Tema                    : Menulis Buku Mayor Dalam Dua Minggu

Narasumber         : Prof. Richardus Eko Indrajit

Moderator            : Aam Nurhasanah, S. Pd

 

Narasumber malam ini benar-benar keren. Beliau adalah Prof. DR. Ir. Richardus Eko Indrajit, M.Sc, M.B.A, M.Phil.,  M.A. (lahir 24 Januari 1969) atau Eko Indrajit atau lebih dikenal dengan Prof, Ekoji. Beliau memiliki gelar yang sangat panjang. Beliau seorang tokoh pendidikan dan pakar teknologi informatika yang saat ini menjabat Rektor Universitas  Pradita.

Beliau lahirkan buku mayor semenjak tamat kuliah berjumlah 121 buku. Jumlah yang fantastis. Dan menulis 623 artikel dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Hobi menulis telh tumbuh semenjak bangku SD dan ketika menerbitkan buku di bangku SMP.

Apakah alasan beliau menulis? Alasan beliau menulis adalah karena berbagi ide, pemikiran, gagasan dan cerita pada orang lain. Lama kelamaan menjadi ketagihan. Keinginan itu menjadi tumbuh jika banyak membaca buku dan menonton TV. Buku pertama mayor terbit tahun 2000. Sementara 10 buku pertama isinya tentang bunga rampai yang masing-masing terdiri dari 50 artikel dan setiap artikel berisi ringkasan satu topik yang sedang viral waktu itu. Yang membuat ketagihan beliau adalah ketika banyak orang yang tertarik dan membeli buku dan kirim SMS untuk berterima kasih

Prof Eko Indrajit memutuskan menjadi youtuber saat tanggal 16 Maret saat negeri kita dilanda corona dan mengharuskan guru dan siswa tetap stay home untuk mengajar dan belajar. Hal-hal yang menjadi pembicaraan nasional beliau jadikan konten seperti gamification, flipped classroom, collaborative learning, metaverse, IOT, big data dan lain-lain.

Narasumber memberikan tantangan pada para peserta  untuk menjadi penulis mayor dengan memeberikan SEBUAH TEMA dan sekaligus bersama bu Aam akan membimbing peserta untuk mendalami tema sehingga dapat menjadi sebuah buku yang ditergetkan sebelum Idul Fitri selesai.

Banyak peserta antusias satu demi satu mendaftarkan diri. Contoh judul yang dikemukakan Prof Indrajit adalah judul yang dibutuhkan sekolah jaman now, seperti:

Classroom design anda managematt

Computer-based assesment

Competency-based learning

Computer adaptive assesment

The 21st Century Learnig Sklills

Wao...judulnya bahasa Inggris semua. Saya tidak paham, binggung dari mana saya harus memulai?

Saya belum berani mendaftar sebab merasa betul-betul belum mampu.

 

Beberapa tips dari Prof. Indrajit adalah

·         Tidak usah menulis sesuatu yang tidak mengerti dan  tidak ada referensinya.

·         Tidak usah berpikir panjang-panjang dulu, mulailah dari hal yang sangat sederhana.

·    Agar tulisan berkualitas buatlah isi atau konten yang menarik serta disampaikan dengan bahasa     Indonesia yang baik dan benar.

·         Semakin banyak kita pakai pemikiran orang lain, semakin banyak referensi yang kita gunakan.

·         Carilah judul yang anti mainstream, jika yang biasa-biasa saja penerbit mayor kurang tertarik.

·         Jangan hanya senang berdiskusi namun takut eksekusi.

·         Motivasi selalu dimulai dari mimpi.

·         Latihan adalah kuncinya.

Beliau adalah penganut konsep BELAJAR KETIKA BERKARYA, BUKAN BELAJAR DULU BARU BERKARYA.

Terimakasih pada narasumber (Prof Indrajit) dan moderator (Bu Aam). Semoga ilmunya bermafaat bagi peserta dan menjadi amal ibadah disisi Allah.

Salam literasi untuk kita semua.




3 komentar: