Selasa, 19 Desember 2023

PEYEK KETUMBAR

Nama peyek atau rempeyek bagi masyarakat  Indonesia sudah tidak asing. Hampir di semua daerah ada. Bentuknya beraneka ragam ada yang bulat, pipih panjang sekitar lima sampai sepuluh  centimeter .

Peyek merupakan salah satu jenis makanan ringan. Peyek yang bisa dimakan langsung, dijadikan cemilan teman santai maupun digunakan pendamping makan berat. Makanan ini memiliki tekstur renyah, rasa gurih, rasa asin.

Bahan dasar peyek adalah tepung beras, air ditambah bumbu seperti, garam, bawang putih, cabe, kunyit, penyedap rasa. Kemudian ditambah toping seperti udang basah, udang kering, ikan teri, kacang tanah, kacang hijau, kacang merah, kedelai. Ada juga toping dari daun kelor, daun bayam, daun kangkung, daun jeruk purut, daun ketela. Lantas semua bahan digoreng di atas wajan.

Pagi ini, saya menjumpai peyek dengan toping yang lain dari biasanya. Yaitu ketumbar yang biasa hanya dipakai bumbu campuran. Kali ini ketumbar sebagai toping peyek. Aneh memang, sehingga membuat saya untuk mencoba dan menikmatinya. Ternyata…gigitan demi gigitan tiada berhenti sampai habis satu piring. Yang menikmati dijamin ketagihan.  

Menurut penjualnya ketumbar dipilih sebagai toping dengan alasan semua orang tidak ada pantangan. Misalnya yang memiliki penyakit asam urat, kolesterol berani menikmatinya. Sehingga tiap hari bisa membuat dan habis laku semua dibeli oleh masyarakat yang singgah di warungnya. Rasanya tidak kalah dengan peyek dengan toping yang lain bahkan menjadi daya tarik tersendiri.

Bagi pecinta peyek, bisa dicoba dong! Jangan ragu harganya pun ramah dikantong. Selamat mencoba dijamin ketagihan deh!

Cepu, 18 Desember 2023

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar