Kamis, 07 September 2023

JEPANG

 


Jepang merupakan sebuah negara di Asia Timur yang terletak di suatu rantai kepulauan benua Asia di ujung barat Samudra Pasifik. Letaknya paling timur menyebabkan negara ini mendapat sebutan NEGERI MATAHARI TERBIT.

letak astronomis Jepang berada di antara 30° LU - 47° LU dan 128° BT - 146° BT. Jepang memiliki iklim subtropis dan sedang. Iklim tersebut mengakibatkan Jepang memiliki empat musim, yakni musim semi, panas, gugur, dan dingin. Wilayah Jepang terdiri atas empat pulau utama, yaitu Hokkaido, Honshu, Shikoku, dan Kyushu.

Secara geografis, Jepang terletak di belahan Bumi Utara bagian paling timur Benua Eurasia. Kondisi geografis Jepang tersebut yang didukung dengan banyaknya gunung berapi di negara ini membuat Jepang disebut dengan 'Pacific Ring Of Fire' atau yang kita kenal dengan sebutan cincin api pasifik. Jepang berbatasan dengan Korea Utara, Korea Selatan, dan Rusia di sebelah barat. Sementara di sebelah utara, berbatasan dengan Laut Okhstosk. Di sebelah timur, Jepang berbatasan dengan Samudra Pasifik, dan di sebelah selatan dengan Laut China Timur dan Laut Filipina.

Beberapa jenis tumbuhan yang dapat dijumpai di Jepang adalah pohon ek, bambu, maple, birch, beech, dan poplar. Flora yang sangat terkenal di negara jepang adalah jenis bunga yang terkenal dengan nama bunga sakura, momiji, katsura, dan juga azalea.

Gambar Bunga Sakura


Pohon Ek

Sementara itu, populasi hewan di Jepang telah banyak berkurang. Dahulu, di negara ini dapat ditemukan babi hutan, monyet, serigala, dan rusa.

Fauna khas Jepang adalah Monyet jepang  Bangau Mahkota-merah. Salamander raksasa Jepang  Cumi-cumi Jepang.  Tawon raksasa Asia, tawon sosial terbesar di dunia.

 Penduduk negara ini terdiri atas beberapa etnik, tetapi yang dominan adalah etnik Jepang, diikuti Korea, China, dan lainnya. Penduduk asli adalah AINU. Termasuk ras mongoloide. Agama yang dianut adalah Shinto, Buddha, Kristen, dan lainnya.

Sikap teladan bangsa Jepang

1.      1.       Pekerja keras
2.      Disiplin waktu
3.      Sopan santun
4.      Menjaga kebersihan lingkungan
5.      Menghargai kesedehanaan
6.      Bangga dengan budaya
7.      Berinovasi dan berteknologi

LEMBAR KERJA SISWA

1.      Sebutkan batas negara Jepang!

Barat  :

Timur :

Utara  :

Selatan :

Tuliskan angka yang tertera di peta di bawah ini



2.      Jepang memiliki iklim sub tropis dan sedang dengan 4 musim yaitu....................

3.      Mengapa di Jepang sering terjadi gempa....

4.      Sebutkan 4 contoh kebudayaan Jepang!

5.      Tuliskan suku bangsa asli Jepang!

6.      Wilayah Jepang terdiri dari pegunungan. Gunung tertinggi di Jepang adalah...

7.      Faktor pendorong Jepang menjadi negara maju adalah....

8.      Mengapa Jepang kaya akan ikan?

9.      Sebutkan pulau besar di Jepang!

SELAMAT MENGERJAKAN


 





4 komentar: