Rabu, 12 Juli 2023

KOMITMEN MENULIS DI BLOG BERSAMA BLOGGER BAPAK DEDI DWITAGAMA


 

Resume Ke                        : 8 (delapan)

Gelombang                        : 29

Hari / Tanggal                    : Rabu / 12 Juli 2023

Tema                                  : Komitmen menulis di Blog

Nara Sumber                      : Drs Dedi Dwitagama, M. Si.

Moderator                           : Dail Ma’ruf, M.Pd

 

Malam ini, hari Rabu 12 Juli 2023.  Saya setelah pulang salat isya berjama’ah di musala langsung membuka laptop. Untuk kembali menyimak kegiatan KBMN yang ke delapan  dengan semangat. Saat dipandu seorang moderator yang handal yaitu bapak Dail Ma’ruf, M.Pd. Narasumbernya yaitu Drs Dedi Dwitagama, M. Si.

Narasumber memberikan tantangan pada peserta saat perkenalan. Peserta disuruh browsing dan kepoin sosmed beliau. Dengan waktu yang singkat yaitu limat menit kemudian. https://search. yahoo.com/search?fr=mcafee&type=E210US1377G0&p=dedi+dwitagama,  https://www.instagram.com/dwitagama/ , https://id.linkedin.com/in/dedi-dwitagama-489a649        https://www.facebok.com/dwitagama/  . Beliau sebagai maesto Blog nusantara dunia.

Setelah perkenalan langsung tanya jawab dan menurut pak Dedi pertanyaan  dan yang terbaik akan mendapatkan hadiah berupa kaos  yang akan Beliau kirim ke alamat yang berhasil  terbaik.

Syarat bagi penanya menutut pak moderator adalah menyebutkan nama, asal daerah, mengajar dimana dan pertanyaan. Bagi yang bukan guru menyebutkan tentang pekerjaan.

Tidak berapa lama grup dibuka langsung diserbu pertanyaan dari peserta. Ada bapak-bapak dan ibu-ibu juga tidak mau ketinggalan. Bahkan sang penanya lintas pulau, buktinya ada dari Ponorogo-Jawa Timur yaitu pak Amin, Riau bernama ibu Elmi, Ibu Novita, Ibu Fida dari Sampang-Madura

Narasumber lebih suka materi lewat pertanyaan, alasannya jawaban pasti terpakai dibanding ngoceh tidak terpakai.

Pertanyaan ada juga yang berasal dari kota Bandung yaitu dari Ibu Sutianah. Pak Ahmad berasal dari seorang guru berasal Ambon (Maluku). Mantap pokoknya sesuai dengan namanya. Nusantara berasal.

Ada yang bertanya tentang cara mengisi atau memgelola semua blog agar bisa terisi? Jawabannya adalah tahap awal mengisi aja blog anda dg tulisan bertema suka" anda ... dlm waktu setahun anda akan tahu mana yg banyak pembacanya, mau penuhi minat pembaca atau terus suka" anda itu pilihan, lanjut aja komitmennya.

Ada yang bertanya tentang gunanya blog bagi seorang penulis. Jawabannya sederhananya, blog itu seperti seseorang  punya rumah digital yang bisa diisi apa aja dan orang lain bisa baca, komentar, dsb ... bahkan bisa diundang menjadi pembicara kalau objeknya bagus.

Berhubung situasi maupun waktu yang terbatas, narasumber memberikan jawaban melalui VC

Adakah Strategi khusus untuk meningkatkan visibilitas dan menarik pembaca baru? Supaya blog ramai, ada beberapa cara yaitu: misalnya siswa disuruh mengambil tugas dari blog, disuruh memberikan komentar, absen kehadiran . Semua itu tujuannya agar siswa canggih.

Sang moderator, mengajak , memotivasi peserta agar terus mengajukan pertanyaan-pertanyaan ke pada narasumber. Peserta kali ini juga tidak mau kalah. Terus saja saling bergantian mengajukan pertanyaan. Datang dari jauh Lombok, Lampung, Bogor, Kediri, Bekasi. Wah seru banget deh. Sudah masuk 16 pertanyaan. Moderatoe menargetkan sampai 50 pertanyaan.

Ini sebagian jawaban yang sempat saya pindahkan di sini, bisa disimak ya.Peranan blog banyaklah, ada kenikmatan lewat blog adalah dengan sedikit pengantar atau latar belakang sebelum vidio (youtube). Atau apalah blog atau youtube punya pasar sendiri-sendiri.

Pakailah kata kunci yang lagi tren, supaya saat orang googling maka judul kita masuk.

Pertemuan malam ini, kereeen. Tidak terasa waktu habis dan Pak Dedi diberi waktu Closing  statmen. Dari pak Dedi: “LAKUKAN HAL YANG ANDA SUKA JIKA ITU KEBAIKAN MAKA KEBAIKAB ITU AKAN DATANG PADA KITA.”

Sampai bertemu di pertemuan yang ke sembilan, Semoga meninspirasi pembaca, Salam LITERASI.

 

 

8 komentar: