Rabu, 10 Mei 2023

PERMINTAAN DAN PENAWARAN


 

Permintaan  merupakan keinginan membeli  barang dan jasa disertai dengan kemampuan membeli pada waktu dan harga tertentu. Seseorang yang menginginkan barang atau jasa tetapi belum emiliki kemampuan membeli belum dapat dikategorikan sebagai  permintaan.

Permintaan dapat dikelompokkan berdasarkan kemampuan membeli

Berdasarkan daya belinya, permintaan dikelompokkan menjadi 3 (tiga) yaitu:

1) Permintaan efektif

Permintaan efektif merupakan permintaan yang disertai dengan kemampuan membeli (daya beli). Dalam permintaan efektif, konsumen memiliki kemampuan untuk membeli barang maupun jasa serta melakukan transaksi pembelian.

2) Permintaan potensial

Permintaan potensial merupakan permintaan yang disertai dengan daya beli tetapi konsumen belum melakukan transaksi pembelian.

3) Permintaan absolut

Permintaan absolut merupakan permintaan dari konsumen terhadap suatu barang maupun jasa tetapi tidak disertai dengan kemampuan membeli (daya beli).

 Berdasarkan jumlah konsumen, permintaan dibagi menjadi dua yaitu:

1) Permintaan individual

Permintaan individual merupakan permintaan atas barang dan jasa dari individu. Permintaan individual tergantung dari kemampuan masing-masing individu.

2) Permintaan pasar

Permintaan pasar merupakan permintaan atas barang dan jasa yang dilakukan oleh masyarakat. Permintaan ini dihitung dari jumlah permintaan individu.

 PENAWARAN

Penawaran merupakan sejumlah barang maupun jasa yang ditawarkan oleh produsen kepada konsumen pada  waktu, harga dan tempat tertentu.

 PASAR

Pasar diartikan sebagai sarana bertemunya pembeli dan penjual, yang dilakukan secara langsung dan tidak langsung untuk melakukan transaksi jual beli. Transaksi jual beli dapat terjadi di lokasi tertentu, warung, toko, mal, pasar tradisional dan bahkan melalui internet. Semua tempat tersebut dapat disebut dengan pasar. Pasar merupakan sarana kegiatan distribusi barang dan jasa. Produsen menawarkan hasil produk dan jasanya di pasar dan konsumen mencari barang yang dibutuhkan di pasar. Seiring perkembangan teknologi, pasar tidak lagi memiliki batasan wilayah, semua negara dapat saling terhubung untuk menawarkan dan mencari kebutuhannya.

Fungsi pasar adalah:

1) Fungsi distribusi

Fungsi pasar sebagai saluran distribusi artinya pasar sebagai sarana bagi produsen untuk mendistribusikan barangnya kepada konsumen.

2) Fungsi pembentuk harga

Penjual menawarkan produk dan jasa pada harga tertentu dan berharap mendapatkan laba dari penjualan produk dan jasa, sedangkan konsumen melakukan permintaan atas suatu produk dan jasa dan berharap mendapatkan harga yang murah agar semua kebutuhannya dapat tercapai. Perbedaan keinginan penetapan harga antara penjual dan pembeli ini menimbulkan tawar menawar dan membentuk harga keseimbangan/ harga pasar.

3) Fungsi promosi

Sebagai saluran distribusi pasar akan melakukan promosi kepada konsumen agar mereka tertarik membeli produk dan jasa. Dalam situasi ini, produsen diuntungkan dengan adanya promosi yang dilakukan oleh pasar.

Pasar mencakup segala aktivitas penawaran dan permintaan atas berbagai jenis sumber daya ekonomi, seperti tenaga kerja, modal, surat berharga, dan uang. Melalui mekanisme pasar, penawaran dan permintaan akan saling bertemu dan membentuk harga yang mengatur alokasi sumber daya di masyarakat.

Bentuk Pasar menurut jenis barang yaitu pasar barang konsumsi dan pasar faktor produksi.

Bentuk Pasar menurut waktu yaitu pasar kaget, harian, mingguan, bulanan, tahuanan,

Bentuk pasar menurut luas jangkauan yaitu pasar regional, pasar internasional, pasarlokal, pasar nasional.

Bentuk pasar menurut sifat barang yaitu pasar konkrit, pasar abstrak

Bentuk pasar menurut strukturnya yaitu pasar persaingan sempurna, pasar persaingan tidak sempurna

 

Jawablah pertanyaan berikut:

1.       Apa pengertian permintaan, jelaskan!

2.       Apa pengertian penawaran, jelaskan!

3.       Faktor apa saja yang mempengaruhi permintaan? Sebutkan lima!

4.       Faktor apa saja yang mempengaruhi pernawaran? Sebutkan lima!

5.       Apakah kalian pernah melakukan transaksi online? Contohnya apa?

6.       Transaksi online lewat apa? Ceritakanlah caranya?

7.       Transaksi online disebut katagori dalam pasar apa?

8.       Gambarkan kurva permintaan, lihat contoh di buku paket

9.       Gambarkan kurva penawaran, lihat contoh di buku paket.

10.   Gambarkan kurva harga keseimbangan.

Selamat mengerjakan.

 

2 komentar:

  1. 1.Permintaan merupakan keinginan membeli barang dan jasa disertai dengan kemampuan membeli pada waktu dan harga tertentu. Seseorang yang menginginkan barang atau jasa tetapi belum emiliki kemampuan membeli belum dapat dikategorikan sebagai permintaan.
    2.Penawaran merupakan sejumlah barang maupun jasa yang ditawarkan oleh produsen kepada konsumen pada waktu, harga dan tempat tertentu.
    3.Harga Barang atau Jasa,Pendapat,Harga Barang atau Jasa terkait,Selera atau Prefensi,dan Harapan Konsumen.
    4.Biaya Produksi,Teknologi,Harapan akan mendapatkan laba,dan Faktor-faktor nonekonomi.
    5.Pernah,membeli baju di transaksi online.
    6.shoppe.
    7.Perdagangan online.
    8.-
    9.-
    10.-

    BalasHapus
  2. 7D
    1.Permintaan merupakan keinginan membeli barang dan jasa disertai dengan kemampuan membeli pada waktu dan harga tertentu.Seseorang yang menginginkan barang atau jasa tetapi belum memiliki kemampuan membeli belum dapat dikategorikan sebagai permintaan.
    2.Penawaran merupakan sejumlah barang maupun jasa yang ditawarkan oleh produsen kepada konsumen pada waktu harga dan tempat tertentu .
    3.-pendapatan konsumen
    -jumlah konsumen
    -selera konsumen
    -harga barang itu sendiri
    -harga barang lain
    4.-Pajak dan subsidi.Pajak dan subsidi juga berpengaruh pada penawaran
    5.Pernah,contohnya pembelian pulsa,belanja online
    6.-pilih toko online terpercaya
    -baca deskripsi produk dan pahami kebijakan dan cermati
    -waspada jika harga terlalu murah
    -gunakan metode pembayaran paling aman
    -simpan bukti transaksi
    -pastikan keamanan perangkat
    -hindari membagikan data pribadi
    7.Pasar monopolitik
    8.-
    9.-
    10-

    BalasHapus