Permintaan merupakan keinginan
membeli barang dan jasa disertai dengan
kemampuan membeli pada waktu dan harga tertentu. Seseorang yang menginginkan
barang atau jasa tetapi belum emiliki kemampuan membeli belum dapat
dikategorikan sebagai permintaan.
Permintaan dapat dikelompokkan berdasarkan kemampuan membeli
Berdasarkan daya belinya, permintaan dikelompokkan menjadi
3 (tiga) yaitu:
1) Permintaan efektif
Permintaan efektif merupakan permintaan yang
disertai dengan kemampuan membeli (daya beli). Dalam permintaan efektif,
konsumen memiliki kemampuan untuk membeli barang maupun jasa serta melakukan
transaksi pembelian.
2) Permintaan potensial
Permintaan potensial merupakan permintaan yang
disertai dengan daya beli tetapi konsumen belum melakukan transaksi pembelian.
3) Permintaan absolut
Permintaan absolut merupakan permintaan dari
konsumen terhadap suatu barang maupun jasa tetapi tidak disertai dengan
kemampuan membeli (daya beli).
1) Permintaan individual
Permintaan individual merupakan permintaan atas
barang dan jasa dari individu. Permintaan individual tergantung dari kemampuan masing-masing
individu.
2) Permintaan pasar
Permintaan pasar merupakan permintaan atas barang
dan jasa yang dilakukan oleh masyarakat. Permintaan ini dihitung dari jumlah permintaan
individu.
Penawaran merupakan sejumlah barang maupun jasa
yang ditawarkan oleh produsen kepada konsumen pada waktu, harga dan tempat tertentu.
Pasar diartikan sebagai sarana bertemunya pembeli
dan penjual, yang dilakukan secara langsung dan tidak langsung untuk melakukan
transaksi jual beli. Transaksi jual beli dapat terjadi di lokasi tertentu,
warung, toko, mal, pasar tradisional dan bahkan melalui internet. Semua tempat
tersebut dapat disebut dengan pasar. Pasar merupakan sarana kegiatan distribusi
barang dan jasa. Produsen menawarkan hasil produk dan jasanya di pasar dan
konsumen mencari barang yang dibutuhkan di pasar. Seiring perkembangan
teknologi, pasar tidak lagi memiliki batasan wilayah, semua negara dapat saling
terhubung untuk menawarkan dan mencari kebutuhannya.
Fungsi pasar adalah:
1) Fungsi distribusi
Fungsi pasar sebagai saluran distribusi artinya
pasar sebagai sarana bagi produsen untuk mendistribusikan barangnya kepada
konsumen.
2) Fungsi pembentuk harga
Penjual menawarkan produk dan jasa pada harga
tertentu dan berharap mendapatkan laba dari penjualan produk dan jasa,
sedangkan konsumen melakukan permintaan atas suatu produk dan jasa dan berharap
mendapatkan harga yang murah agar semua kebutuhannya dapat tercapai. Perbedaan
keinginan penetapan harga antara penjual dan pembeli ini menimbulkan tawar
menawar dan membentuk harga keseimbangan/ harga pasar.
3) Fungsi promosi
Sebagai saluran distribusi pasar akan melakukan
promosi kepada konsumen agar mereka tertarik membeli produk dan jasa. Dalam
situasi ini, produsen diuntungkan dengan adanya promosi yang dilakukan oleh
pasar.
Pasar
mencakup segala aktivitas penawaran dan permintaan atas berbagai jenis sumber
daya ekonomi, seperti tenaga kerja, modal, surat berharga, dan uang. Melalui
mekanisme pasar, penawaran dan permintaan akan saling bertemu dan membentuk
harga yang mengatur alokasi sumber daya di masyarakat.
Bentuk
Pasar menurut jenis barang yaitu pasar barang konsumsi dan pasar faktor
produksi.
Bentuk
Pasar menurut waktu yaitu pasar kaget, harian, mingguan, bulanan, tahuanan,
Bentuk
pasar menurut luas jangkauan yaitu pasar regional, pasar internasional,
pasarlokal, pasar nasional.
Bentuk
pasar menurut sifat barang yaitu pasar konkrit, pasar abstrak
Bentuk
pasar menurut strukturnya yaitu pasar persaingan sempurna, pasar persaingan
tidak sempurna
Jawablah pertanyaan berikut:
1. Apa
pengertian permintaan, jelaskan!
2. Apa
pengertian penawaran, jelaskan!
3. Faktor
apa saja yang mempengaruhi permintaan? Sebutkan lima!
4. Faktor
apa saja yang mempengaruhi pernawaran? Sebutkan lima!
5. Apakah
kalian pernah melakukan transaksi online? Contohnya apa?
6. Transaksi
online lewat apa? Ceritakanlah caranya?
7. Transaksi
online disebut katagori dalam pasar apa?
8. Gambarkan
kurva permintaan, lihat contoh di buku paket
9. Gambarkan
kurva penawaran, lihat contoh di buku paket.
10. Gambarkan
kurva harga keseimbangan.
Selamat mengerjakan.
1.Permintaan merupakan keinginan membeli barang dan jasa disertai dengan kemampuan membeli pada waktu dan harga tertentu. Seseorang yang menginginkan barang atau jasa tetapi belum emiliki kemampuan membeli belum dapat dikategorikan sebagai permintaan.
BalasHapus2.Penawaran merupakan sejumlah barang maupun jasa yang ditawarkan oleh produsen kepada konsumen pada waktu, harga dan tempat tertentu.
3.Harga Barang atau Jasa,Pendapat,Harga Barang atau Jasa terkait,Selera atau Prefensi,dan Harapan Konsumen.
4.Biaya Produksi,Teknologi,Harapan akan mendapatkan laba,dan Faktor-faktor nonekonomi.
5.Pernah,membeli baju di transaksi online.
6.shoppe.
7.Perdagangan online.
8.-
9.-
10.-
7D
BalasHapus1.Permintaan merupakan keinginan membeli barang dan jasa disertai dengan kemampuan membeli pada waktu dan harga tertentu.Seseorang yang menginginkan barang atau jasa tetapi belum memiliki kemampuan membeli belum dapat dikategorikan sebagai permintaan.
2.Penawaran merupakan sejumlah barang maupun jasa yang ditawarkan oleh produsen kepada konsumen pada waktu harga dan tempat tertentu .
3.-pendapatan konsumen
-jumlah konsumen
-selera konsumen
-harga barang itu sendiri
-harga barang lain
4.-Pajak dan subsidi.Pajak dan subsidi juga berpengaruh pada penawaran
5.Pernah,contohnya pembelian pulsa,belanja online
6.-pilih toko online terpercaya
-baca deskripsi produk dan pahami kebijakan dan cermati
-waspada jika harga terlalu murah
-gunakan metode pembayaran paling aman
-simpan bukti transaksi
-pastikan keamanan perangkat
-hindari membagikan data pribadi
7.Pasar monopolitik
8.-
9.-
10-