Jumat, 13 September 2024

Berkibarlah benderaku


Karya: Gutamining Saida

Pembelajaran IPS Di kelas 9B hari itu terasa berbeda. Suasana kelas saat itu begitu tenang. Setiap siswa terlihat fokus, memperhatikan pelajaran IPS yang sedang saya sampaikan. Tidak ada yang mengantuk, tidak ada yang sibuk bicara sendiri, bahkan suasana sepi dari suara bisikan. Semua pandangan tertuju ke depan, antusias mengikuti penjelasan yang saya berikan.

Saya merasa senang melihat kondisi ini. Para siswa tampak betul-betul tertarik pada materi yang dibahas. Tidak ada satu pun yang terlihat bosan atau kehilangan konsentrasi. Beberapa di antaranya sesekali mencatat poin-poin penting, sementara yang lain mendengarkan dengan saksama.

Setelah saya memberikan materi tentang akibat globalisasi baik di dunia maupun di Indonesia. Semua siswa nampak memahami penjelasan saya. Namun, saya tidak begitu saya percaya pada mereka. Langkah selanjutnya saya  berikan beberapa pertanyaan. Untuk mengukur sampai dimana mereka paham.

Saya memutuskan untuk menggunakan metode joyful learning dengan permainan tebak soal benar-salah. Tujuannya agar siswa belajar dengan cara yang menyenangkan, sekaligus tetap fokus pada materi. Soal sudah saya siapkan sebanyak 20 soal.

Metode joyfull learning adalah metode pembelajaran yang menyenangkan. Metode ini merupakan sinergi dari beberapa hal diantaranya pembelajaran bermakna, kontektual. Beberapa Langkah kegiatan dalam metode joyfull learning adalah: Pertama, tahap persiapan, dimana guru dapat menstimulus minat siswa terhadap pembelajaran, Kedua, tahap penyampaian, dimana guru menyampaikan materi dengan bervariasi seperti presentasi, diskusi kelompok dan tanya jawab. Ketiga, tahap pelatihan dimana siswa mempraktekkan ketrampilan yang diajarkan guru.Keempat, tahap penutup dimanaguru menyempurnakan Kesimpulan yang telah diperoleh dari siswa dan memberi penghargaan kepada siswa.

Saya menjelaskan aturan permainan. Semua siswa akan diberikan soal, dan mereka harus menjawab apakah pernyataan tersebut benar atau salah. Jika jawabannya benar, kertas warna pink yang diangkat ke atas. Namun, jika salah, mereka mengangkat kertas yang berwarna kuning. Di akhir sesi, poin dihitung, siswa selain mendapatkan nilai juga mendapatkan penghargaan sederhana seperti tepuk tangan atau stiker prestasi.

Hasilnya, siswa kelas 9B terlihat antusias dan gembira selama pembelajaran. Mereka belajar tanpa merasa terbebani, dan banyak dari mereka yang mendapatkan nilai bagus dari evaluasi yang dilakukan setelah permainan. Ini membuktikan bahwa dengan metode joyful learning, mereka bisa belajar lebih efektif sekaligus menikmati prosesnya.

Saya menutup pelajaran dengan memberikan umpan balik tentang bagaimana siswa bisa lebih baik dalam memahami materi. Semoga semakin semangat belajar semoga sukses.

 

 

 

Refleksi pembelajaran IPS hari ini:

Bagaimana perasaan kalian pada pembelajaran hari ini?

Pembelajaran yang bagaimana yang kalian inginkan?

Bagaimana pembelajaran hari ini? (seru, semangat, bosan, tidak suka) Jelaskan?


 

18 komentar:

  1. saya sangat suka diajar ips dengan bu saida karena pelajaran sangat seru tidak membosankan, ada gamenya ada materi yang sangat dipahami bagi siswa.jika pelajaran ips jam begitu cepat dibandingkan pelajaran yang lain, saya sangat senang dan bersemangat sekali ketika ada jam pelajaran ips bersama bu saida, karena sangat menyenangkan bagi saya dan teman" lainya, meskipun ada gamenya tetapi bu saida tidak lupa memberi hadiah bagi siswa yang mampu menjawab pertanyaan meskipun hadiah tidak seberapa tetapi membuat hati senang dan gembira. semoga bu saida sehat selalu dan diberi panjang umur amin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin Ya Allah, doa terbaik buat kalian semua

      Hapus
    2. 1. Senang karena saya menjadi tidak bosan
      2. Banyak game dan hadiah☺
      3. Saya suka karena saya memiliki pengalaman dan saya menjadi suka IPS karena banyak game dan saya menjadi paham materi materi IPS. Sehat selalu BU Saida☺☺

      Hapus
  2. sayaa sangat senangg dengann pembelajaran ips bersamaa bu saidaa , bu saidaa sangatt seruu , bu saidaa jugaa seringg memberii permainan untuk muridd muridd nyaaa , permainann harii inii sangatt seruu walaupunn kadangg akuu salahh akuu tetepp semangatt , karnaa adaa permainann dann bu saidaa jugaa seruu kelass jadii tidakk bosann , tidakk mengantukk rasanyaa., dann tidakk tertekann , kadangg sayaa kaloo di ajarr guruu lainnya tertekann karenaa kadangg merekaa galakk , tapii bedaa dengann buu saidaa , bu saidaa baikk sekalii diaa jugaa sangatt perhatian dengann muridnyaa , semogaa buu saidaa tidakk bosann dann tidakk menyerahh mengajar muridnyaa yangg kadangg susahh di bilangg , semogaa buu saidaa sehatt selaluu :)

    BalasHapus
  3. Suka banget pelajaran IPS bisa belajar sambil bermain apalagi yang ngajarin cantik dan dan baik hati pokoknya sukaa banget Thank you, Mrs. Saida. I hope you enjoy teaching Grade IX B.And may Mrs. Saida always be healthy and given a long life, abundant sustenance like ZAM water, amen, the best prayers for Mrs. Saida .

    BalasHapus
  4. Tetap semangat untuk berkarya Bu saida ,dan apa bila ada anak kelas yang ada salah kami mohon maaf sebesar besarnya,dan jangan pernah berhenti untuk menjadi salah satu guru favorit di kelas 9B

    BalasHapus
  5. Saya sangat senang sekali belajar sama bu saida karena menyenangkan sekali orangnya baik, ada ice breaking seru sekali walaupun terkadang aku kalah🥲 belajar sama bu saida pokoknya sangat menyenangkan terus, sehat selalu bu, rejekinya tambah banyak, dan jangan pernah berhenti untuk mengajar 9b

    BalasHapus
  6. Terimakasih doa-doanya, semoga kesuksesan berpihak pada kalian semuanya

    BalasHapus
  7. Semoga cita-cita kalian tercapai dan dimudahkan dalam berjuang.

    BalasHapus
  8. Saya pribadi merasa sangat senang setiap mengikuti pembelajaran dari Bu Saida. Tutur kata yang terucap dari Bu Saida terdengar sangat halus. Meski begitu saya tidak pernah merasa mengantuk dalam proses pembelajaran yang sedang berlangsung. Karena Bu Saida memiliki cara yang unik dalam setiap pertemuan, yang membuat kami merasa selalu bersemangat mengikuti pembelajaran tersebut. Baru kali ini saya menemukan cara mengajar seorang guru yang berbeda dari yang lain. Kelembutan Bu Saida membuat saya merasa seperti ibu kandung saya yang mengajari saya, sehingga saya merasa benar-benar nyaman berada dalam kelas Bu Saida. Semoga Bu Saida tidak pernah bosan dan putus asa dalam membimbing kami untuk meraih cita-cita. Dan semoga Allah SWT membalas semua kebaikan Ibu kepada kami.
    Saya berharap semua ilmu pengetahuan yang engkau berikan kelak akan sangat berguna bagi kami semua murid-murid Ibu. Jasamu akan kami kenang dan kami banggakan. Meski suatu saat nanti saya sudah tidak menjadi murid Ibu lagi, namun Bu Saida akan tetap menjadi guru terbaik kami dan akan selalu berada di hati kami. Maka dari itu jangan pernah lupakan kami. Karena kami sangat menyayangi Bu Saida. Semoga Bu Saida selalu dalam lindungan Allah SWT. Terima kasih atas kebersamaanmu selama ini Bu Saida🙏🙏🙏.

    BalasHapus
  9. Saya sangat senang karena diajar Bu Saidah itu menyenangkan dan tak membosankan karena metode pembelajarannya dibuat seperti bermain yang mana banyak siswa yang lebih suka bermain dan juga semoga Bu Saidah sehat selalu agar bisa terus mengajar IPS di SMPN 1 kedungtuban terimakasih atas jasanya Bu Saidah

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih doa dan suportnya, doa terbaik untukmu

      Hapus
  10. saya suka belajar dengan bu saida karena pasti ada saja game game yang seru dan menyenangkan,semoga bu saida selalu sehat dan selalu berkaya karena karya bu saida dapan menjadikan motivasi untuk setiam orang,semoga kelak saya bisa menjadi seperti bu saida.

    BalasHapus